Tiga Gunung Api di Sumbar Waspada, BPBD Keluarkan Peringatan

BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Sumatera Barat (Sumbar) mengeluarkan peringatan yang berisi melarang masyarakat melakukan aktivitas pendakian pada tiga Gunung berapi di Sumbar.

Adapun ketiganya itu yakni Gunung Marapi, Gunung Tandikek dan Gunung Kerinci. Pemberlakuan peringatan ini lantaran ketiga Gunung aktif itu saat masih berstatus waspada.

“Himbauan kepada masyarakat ini dilakukan karena aktivitas tiga Gunung berapi itu masih level waspada. Masyarakat dilarang melakukan aktivitas pada radius tiga kilometer dari puncak Gunung,” kata Kepala BPBD Sumbar, Yazid Fadhli di Padang, Rabu (26/2).

Peringatan ini disampaikan melalui imbauan kepada setiap instansi terkait pada setiap setiap daerah yang berada didekat ketiga Gunung berapi tersebut. Dikatakan, Yazid, Selasa (25/2) kemarin telah digelar rapat koordinasi dengan pihak Pemprov Sumbar.

Tetapi, hasilnya belum sampai mengeluarkan instruksi siaga darurat ancaman letusan tiga Gunung tersebut. “Dalam waktu dekat ini kita akan berencana akan melakukan simulasi evakuasi penanggulangan bencana erupsi Gunung api bersama BPBD Provinsi/Kabupaten/Kota serta KSB (Kelompok Siaga Bencana),” jelasnya.

Sementara waktu, Yazid mengingatkan kepada masyarakat yang berada disekitar ketiga Gunung berapi itu agar dapat waspada. “Kita tidak tahu kapan akan meletus, tetapi yang terpenting kita harus selalu waspada terhadap ancaman bencana yang bisa saja terjadi tiba-tiba,” pungkasnya. [Ant]

Editor : WAN

Komentar
Loading...
BERITA TERKAIT