Kabarpadang.com
Mengabarkan Ranah Minang

Ternyata Nokia Berumur 52 Tahun, Lebih Tua dari Finlandia

Nokia selain menjadi salah satu icon untuk vendor yang berasal dari Finlandia, perusahaan satu ini juga pernah menjadi penguasa ekosistem mobile beberapa tahun lalu.

Namun, ditilik dari umurnya, ternyata usia Nokia justru lebih tua dari umur negara Finlandia itu sendiri. Padahal Nokia merupakan icon dari negara tersebut.

Dari sebuah account Twitter resmi Nokia, @nokia, ada satu informasi yang bertuliskan, “Tahukan Anda, Nokia berusia 52 tahun lebih tua daripada Finlandia? Selamat Hari Kemerdekaan!”

Ya, hari ini tepatnya pada tanggal 06 Desember, Finlandia merayakan hari kemerdekaan mereka. Namun apabila ada yang memperdebatkan bahwa Finlandia sudah ada sejak tahun 1154, maka tidak ada yang menyalahkan, karena memang pada tahun tersebut, Finlandia sudah ada dan menjadi bagian dari Kerajaan Swedia.

Akan tetapi yang menjadi titik pokoknya adalah Finlandia yang sudah merdeka dan berdaulat. Jadi apabila digabungkan, Nokia memang lahir pada saat Finlandia memperoleh kemerdekaannya.

Nokia didirikan oleh Fredrik Idestam dan Leo Mechelin, dua orang pebisnis yang mendirikan sebuah pabrik listrik pada tahun 1865. Tak berapa lama, Nokia beralih fungsi menjadi penggilingan serat kayu setelah perusahaan karet Finlandia mengakuisisi Nokia dan sebuah perusahaan kabel.

Dari situ, ketiga perusahaan tersebut digabungkan dengan nama Nokia Corporation pada tahun 1967. Setelah bergabung, perusahaan gabungan tersebut mengambangkan bisnis ke pembuatan kertas bubur kayu yang pada waktu itu telah berhasil menjadi salah satu pabrik terbesar di Eropa.

sumber:merdeka.com

Komentar
BERITA TERKAIT