Kabarpadang.com
Mengabarkan Ranah Minang

Tergantung Cuaca, Distribusi Logistik Pilpres di Kepulauan Mentawai

Ilustrasi distribusi logistik. Foto : VIVA
Ilustrasi distribusi logistik. Foto : VIVA

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Barat mengaku pendistribusian logistik Pemilu Presiden (Pilpres) di Kepulauan Mentawai tergantung dengan cuaca. Pasalnya, jalur distribusi yang didominasi laut bergantung terhadap baik buruknya cuaca.

“Kita tidak ingin mengulang kejadian seperti Pileg kemarin. Sewaktu itu, kapal pendistribusian karam ditengah laut karena menabrak karang. Untuk itu, pendistribusiannya akan kita lakukan sangat matang,” kata Koordinator Logistik KPU Sumbar, Fikon di Padang, Senin (30/6).

Ia menambahkan, terkait distribusi logistik dari KPU Kepulauan Mentawai ke masing-masing TPS, pihaknya akan bekerjasama dengan pihak transportasi kapal yang telah berpengalaman.

“Kita akan bekerjasama dengan pihak transportasi kapal yang berpengalaman. Karena, mereka telah terbiasa atau berpengalaman dalam melihat bagaimana kondisi cuaca di perairan Mentawai tersebut,” jelasnya.

Lanjutnya, pihak KPU akan berhati-hati dalam melakukan distribusi disana, karena seperti diketahui, disebut Fikon, bulan Juli cuaca tak menentu melanda perairan Mentawai.

“Hampir setiap bulan Juli, cuaca tidak menentu melanda Perairan Mentawai. Jadi, besok itu, kita telah himbau agar lebih memperhatikan yang pertama itu cuacanya,” katanya.

Pihaknya juga mengaku telah mengimbau KPU Mentawai untuk memprioritaskan terlebih dahulu daerah terluar atau paling jauh.

“Kita prioritaskan dahulu daerah terluar seperti Siberut Barat Daya. Jadi, kalau yang susahnya sudah clear (beres), nanti yang dekat bisa lebih mudah dikerjakan,” katanya.

Selain itu, KPU Sumatera Barat sendiri menargetkan distribusi di Kepulauan Mentawai akan rampung selambat-lambatnya pada H-1 pencoblosan.

“Kalau daerah lain kita pasang target tanggal 3-5 Juli sudah rampung. Tetapi untuk Kepulauan Mentawai kita targetkan 8 Juli selambatnya,” tuturnya.

Komentar
BERITA TERKAIT