Kabarpadang.com
Mengabarkan Ranah Minang

Tembakan Peringatan Lumpuhkan Pelaku Pencurian

Ilustrasi.
Ilustrasi.

Pelaku kejahatan spesialis pengupakan mobil dan pemerasan yang diketahui telah beraksi lebih dari sepuluh Tempat Kejadian Perkara (TKP) ditangkap jajarak Polsek Kototangah di SPBU Taruko, Jalan Bypass Kuranji, Kota Padang, Senin (11/8) malam.

Tembakan peringatan pun harus dikeluarkan polisi lantaran pelaku mencoba kabur saat akan ditangkap petugas.

Penangkapan pelaku dilakukan setelah adanya laporan korban bernama Angkifi Rasyid pada 9 Mei lalu. Kaca mobil korban dipecah oleh pelaku saat terparkir di kawasan Lubuk Buaya, Kota Padang. Bahkan, tas yang berisi surat berharga, handphone dan flash disk juga berhasil dicuri pelaku.

Kemudian, pada tanggal 29 Juli lalu, korban mendapat telepon dari pelaku dan meminta uang Rp 10 juta untuk menebus tas tersebut. Pelaku pun meminta korban untuk menemuinya di Jalan Padang-Lubukminturun guna mengembalikan barang yang telah diambilnya.

“Saya kemudian menemui dia pak, lalu saat bertemu dia langsung mengeluarkan pisau dan meminta uang Rp 10 juta itu,” katanya kepada petugas kepolisian.

Tidak ingin tertipu, uang senilai Rp.2 juta diserahkan kepada pelaku dengan syarat barangnya dikembalikan. Namun, pelaku menolak dan langsung kabur menggunakan sepeda motor bersama rekannya. “Tidak mungkinlah saya serahkan begitu saja pak, eh dia nya malah kabur,” jelasnya.

Namun, ternyata pelaku ini tidak mau menyerah sampai disitu saja dan berusaha terus untuk mendapatkan uang dari korban.

Senin (11/8) malam kemarin, pelaku kembali menghubungi korban via sms dan kembali meminta uang Rp 10 juta untuk menebus barang yang diambilnya tersebut.

“Dia kembali mengajak saya bertemu di SPBU Taruko Bypass untuk mengembalikan barang tersebut, dan sekarang saya menghubungi petugas polisi untuk membantu pak,” ungkapnya.

Sementara, Kapolsek Kototangah, Kompol Saman Matanari menyebutkan, setelah mendapatkan informasi dari korban, pihaknya langsung menurunkan sejumlah personel untuk mendampingi korban, ditambah personel yang mengawasi korban.

Saat datang ke SPBU itu, pelaku ini langsung turun dari motor jenis Honda Beat tanpa plat nomor dan mendekati mobil korban. Dia langsung mengeluarkan pisau dan meminta uang pertukaran tersebut kepada korban.

“Ketika dia mengeluarkan pisau itu, personel yang sudah mengintai langsung menciduknya,” tuturnya.

Mengetahui dirinya dikejar oleh polisi, pelaku inipun berusaha kabur dengan menggunakan sepeda motornya. Tidak ingin buruannya kabur, petugas langsung mengeluarkan tembakan peringatan ke udara yang membuat langkah pelaku terhenti dan langsung bertekuk lutut.

“Dia langsung diamankan petugas berikut dengan barang bukti berupa satu bilah pisau, satu unit hp dan satu unit sepeda motor,” katanya.

Disebutnya, saat ini pelaku tersebut tengah diperiksa intensif untuk mengungkap jaringan yang dimilikinya, petugas pun juga tengah melakukan pengembangan terhadap kasus ini.

“Saat diperiksa, kepada petugas dia mengakui semua perbuatan tersebut sudah beraksi lebih di 10 TKP di kota Padang,” jelasnya.

Menurut Matanari, pelaku ini kemungkinan akan dijerat dengan pasal 363 KUHPidana dengan ancaman hukuman diatas lima tahun.

(Cici Gustria)

Komentar
Loading...
BERITA TERKAIT