Kabarpadang.com
Mengabarkan Ranah Minang

Telkomsel Pasang Server Internet di Papua

 

Ilustrasi
Ilustrasi

PT Telkomsel berencana memasang server atau gateway internet di Provinsi Papua guna peningkatan akses dan kapasitas bagi penguna dunia maya di wilayah itu.

“Telkomsel berencana memasang server internet di Kota Jayapura dan Timika, Kabupaten Mimika pada September dan Oktober tahun ini,” kata Vice Presiden ICT Telkomsel Area Papua, Maluku, Sulawesi, dan Kalimantan Ali Imran di Jayapura, Sabtu.

Ia mengharapkan dengan adanya server internet, pelanggaan Telkomsel atau masyarakat Papua bisa merasakan kecepatan dan kepuasan mendapatkan akses internet.

“Jadi, Insya Allah kita selalu meningkatkan kapasitas, ‘coverage’ maupun kualitas. Kita terus memodernisasi jaringan, menggelar tower-tower 3G serta mendekatkan server internet ke Papua,” katanya.

Ia mengatakan di Kota Jayapura dan beberap daerah lainnya di Papua dan Papua Barat sudah ada akses HSDP atau 4G untuk internet, hanya saja layanannya belum optimal saat jam sibuk, mulai pukul 17.00-22.00 WIT.

“Ini karena keterbatasan kapasitas karena lewat satelit yang dikirim ke Jakarta, tapi ke depan dengan adanya server internet di Jayapura dan Timika dan kabel laut serat optik, hal ini tidak akan terjadi lagi. Dan untuk desain jaringan kepada pelanggan mulai dari 512 Kbps hingga 1 Mbps yang akan ditingkatkan pada tahun ini,” katanya.

Ali juga mengatakan saat ini akses internet di Jayapura dan Papua pada umumnya lewat server internet di Jakarta dan TB Simatupang dan melewati Surabaya.

“Inilah kendala utama kita, karena transmisi jangkaun cukup jauh dan terbatas. Tapi hal ini tidak akan lama karena jaringan kabel laut yang dilakukan oleh Telkom akan selesai pada 2015-2016. Telkomsel akan gunakan jaringan ini, sehingga akses internet bisa sama dengan daerah lainnya di Indonesia,” katanya.

(Republika/Antara)

Komentar
BERITA TERKAIT