Kabarpadang.com
Mengabarkan Ranah Minang

Tarif Angkot Naik 26,5 Persen

Ilustrasi. Pasar Raya Padang. Foto : Ikhwan
Ilustrasi. Pasar Raya Padang. Foto : Ikhwan

Tarif angkutan kota (angkot) pada seluruh trayek di Kota Padang mulai hari ini, Jumat (21/11) telah dilakukannya kenaikan. Kenaikan tarif angkot sendiri sudah diketok palu oleh Pemerintah Kota (Pemko) Padang bersama Anggota DPRD Padang pada Kamis (20/11) kemarin.

Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Padang, Rudy Rinaldi mengatakan, besaran kenaikan pada setiap trayek berbeda-beda.

“Iya, tarifnya sudah disahkan kemarin bersama DPRD Kota Padang. Setiap trayek tentunya mengalami kenaikan yang berbeda dengan rata-rata 26,5 persen,” katanya di Padang, Jumat (21/11).

Ia menjelaskan, kenaikan didasarkan pada jarak tempuh dihitung dari kilometer. “Kenaikan itu per kilometer, contohnya saja angkot ke arah Bungus Teluk Kabung, biasanya Rp.6000 sekarang maksimal Rp.8000,” jelasnya.

Disebut Rudy, tarif baru yang ditetapkan tersebut sudah diperhitungkan secara matang supaya tidak merugikan pemilik dan supir angkot, termasuk masyarakat.

“Kita sudah masukkan semua, kita sudah kaji secara  mendalam. Tarif itu kita sesuaikan dengan beban biaya service dan lainnya,” tuturnya.

Selain itu, terkait pemantauan tarif baru tersebut, pihaknya mengaku akan melakukan pengawasan secara menyeluruh dan berkala. “Pastinya, tarif baru ini akan kita pantau terus agar tidak ada penyalahgunaannya. Kita akan pantau terus,” pungkasnya.

Komentar
Loading...
BERITA TERKAIT