Tangani Banjir, Pemko Padang Siapkan Program

tebingBanjir yang sering melanda Kota Padang, membuat Pemerintah Kota (Pemko) Padang mengambil berbagai langkah dalam penanggulangan tersebut. Pemko Padang akan melakukan pengendalian hutan melalui program penghijauan kembali, reklamasi sungai, normaliasasi serta pembuatan cek dam.

Hal ini disampaikan oleh Mahyeldi Ansarullah, Wakil Walikota Padang, menuturnya langkah ini diambil melihat keefetifan dalam mengatasi persoalan banjir yang sering terjadi di Kota Padang. Masyarakat juga dituntut dapat mengarahkan pembuatan bio pori, sehingga air hujan yang mengakibatkan banjir itu bisa diatasi dengan penyerapan melalui tanah.

“Kucuran dana untuk penanganan banjir ini termasuk dalam pembebasan lahan sedikitnya Rp. 100 Milyar, dana tersebut juga dari APBN serta Provinsi” jelasnya yang dilansir oleh PadangEkspres, Jumat (6/12).

Penanganan banjir juga akan dipusatkan di beberapa titik, seperti untuk wilayah Kuranji yang memiliki sebanyak lima cek dam, akan diperbaiki dan dialirkan ke arah utara dan selatan nantinya.

Menyikapi hal tersebut, Hervan Bahar Kepala Badan Perenanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Padang menyebutkan, bahwa dalam mengatasi banjir di Kota Padang akan mempercepat proses pengerjaan Bandar Lurus. Dilain hal, proyek ini masih terkendala karena pembebasan lahan sebanyak 1.700 meter dan permintaan ganti rugi warga sebesar Rp. 400 ribu/meter oleh para pemiliknya.

“Sebenarnya kita mau saja membayarnya karena kita sudah menyiapkan anggaran Rp60 miliar untuk seluruh pembebasan lahan di Kota Padang, termasuk kawasan itu. Namun secara hukum, kita hanya bisa membayarnya sesuai NJOP” tuturnya. (*/Padek/Ptdy/ED’IK)

Komentar
Loading...
BERITA TERKAIT