Tak Kunjung Direalisasikan, Ketua DPRD Padang Dilaporkan

Operasi LilinKetua Tanggap Darurat Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Partai Demokrat Sumatera Barat (Sumbar) Faizal melaporkan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Padang kepada kepolisian daerah (Polda) Sumbar, Senin (23/12).

Laporannya terkait sang Ketua DPRD yang diduga telah melakukan penyalahgunaan wewenang dan jabatan terhadap Pergantian Antar Waktu (PAW) kepada Faizal yang tak kunjung diproses.

Laporannya diterima oleh Kepala Siaga Sentral Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) III Polda Sumbar.

Menurut Faizal yang didampingi kuasa hukumnya, Revi Diana, melaporkan Zulherman ke polisi karena sudah habis kesabaran. “Saya sudah bersabar, tetapi saya dipingpong terus. Surat PAW saya menggantikan Muchlis Sani (Alm) tidak kunjung diproses oleh Zulherman sebagai Ketua DPRD,” kata Faizal.

Berdasarkan keputusan DPC Partai Demokrat Kota Padang tentang PAW Faizal telah pula diperkuat oleh DPP Partai Demokrat melalui surat No. 227/SK/DPP.PD/XII/2013 pada tanggal 11 Desember 2013. Tetapi Ketua DPRD Padang Zulherman tidak juga menggubrisnya.

Sebelumnya pada bulan Oktober 2013, Faizal mengaku telah berkoordinasi dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU), dimana penjelasaan KPU mengatakan bahwa KPU tidak berhak memproses penetapan nomor urut PAW sebelum ada surat resmi dari Ketua DPRD Padang. Dia pun berusaha menghubungi sekretaris dewan (Sekwan) Padang untuk menanyakan proses pengajuan PAW.

“Sekwan menjawab kalau usulan pengangkatan saya sebagai PAW DPRD Padang belum ditandatangani oleh Ketua DPRD Padang, sehingga sampai saat ini proses PAW saya terkatung-katung tanpa kejelasan,” jelasnya.

Faizal menduga bahwa Zulherman sengaja mengulur-ngulur waktu dan tidak mempunyai itikad baik dalam memproses PAW-nya. Akibat perbuatan ini, Faizal mengalami kerugian materil sebesar Rp90 juta dan immaterial sebesar Rp1 miliar.

Sementara itu, Ka Siaga SPKT III Polda Sumbar, Kompol Sihana mengakui adanya laporan Faizal terhadap Ketua DPRD Padang mengenai penyalahgunaan wewenang dan jabatan. Laporan ini diteruskan kepada Unit Reskrim Polda Sumbar untuk memprosesnya.

Afiliasi : KlikSumbar.com / ed*wn

Komentar
Loading...
BERITA TERKAIT