Tahun 2016, Penjualan Smartphone Meningkat 6,6 Persen

Ilustrasi.

Ilustrasi.

Perusahaan riset pasar Gfk merilis sebuah laporan yang menunjukkan ada peningkatan penjualan Smartphone sebesar 6,6 persen pada tahun 2016. Walaupun penjualan Smartphone diakui melambat, namun angka ini lebih tinggi dibandingkan tahun 2015.

Peningkatan ini sendiri berkat pertumbuhan yang kuat di China dan tambahan perbaikan di tampat lain. China memiliki pangsa pasar besar, menyumbang hampir satu dari setiap tiga ponsel yang terjual. Mereka juga diketahui berhasil memindahkan 15 persen lebih unit pada tahun lalu.

Pasar berkembang lainnya seperti Eropa Tengah dan Timur, Timur Tengah dan Afrika, serta Emerging Asia mencakup India, Vietnam, dan Filipina dengan menyumbang keuntungan satu digit pada estimasi total akhir tahun.

Pasar yang paling jenuh diantaranya Eropa Barat, Amerika Utara, dan Asia Berkembang mencakup Jepang, Australia, serta Korea Selatan terjual hampir seperti banyaknya unit tahun lalu.

Tren ini diperkirakan akan berumur pendek, meski China menyumbang cukup banyak untuk penjualan global. Sebagaimana diperkirakan Gfk, penurunan 3% pada 2017 saat subsidi operator mengering.

Sementara beberapa wilayah seperti Amerika Latin kembali bangkit usai beberapa kuartal berturut-turut mengalami penurunan permintaaan. Di samping itu, Gfk mengharapkan Asia Berkembang serta Eropa Tengah dan Timur menjadi pasar dengan pertumbuhan paling cepat.

[Engadget]

Komentar

Penjualan Smartphone