Suryadharma Ali Korupsi

Jakarta –  Tersangka dugaan korupsi dana haji, Suryadharma Ali (SDA) ditahan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi(KPK). Pihak KPK juga mengungkapkan bahwa kasus korupsi ini akan dikembangkan sehingga seluruh jajaran yang ikut terlibat dalam korupsi ini segera dapat diringkus.

“Jadi kasus ini masih dikembangkan ya. Apa ada pihak-pihak lain yang terlibat tentu nanti dari hasil pengembangan,” kata Plt Wakil Ketua KPK Johan Budi di kantornya, Jl HR Rasuna Sahid, Jakarta Selatan, Jumat (10/4/2015).

Memang dalam perkara SDA, KPK menjerat mantan Menteri Agama itu dengan pasal 55 KUHP tentang penyertaan perbuatan pidana. Tapi soal keterlibatan pihak lain sebagaimana yang diatur pasal ‘turut serta’ itu, Johan belum mau menjelaskan. Suryadharma ditahan oleh penyidik KPK setelah menjalani pemeriksaan selama kurang lebih 8 jam sebagai tersangka. Dia ditahan di Rutan Guntur selama 20 hari ke depan.

Dalam kasus ini, SDA dijerat dengan ‎Pasal 2 Ayat 1 dan atau Pasal 3 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi (UU Tipikor) juncto Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHPidana juncto Pasal 65 KUHP.

 

Sumber : detik.comunduhan

Komentar