Survei Konsumen BI, Tekanan Harga Pinjaman Berkurang

Bank Indonesia.

Bank Indonesia.

Tingkat keyakinan konsumen pada Oktober 2015 menguat dibandingkan bulan sebelumnya. Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) pada Oktober 2015 tercatat sebesar 99,3, meningkat dari 97,5 pada bulan sebelumnya.

Peningkatan IKK tersebut utamanya didorong oleh peningkatan Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK) yang menunjukkan membaiknya optimisme responden terhadap kondisi ekonomi enam bulan mendatang. Demikian berdasarkan Survei Konsumen Bank Indonesia (BI), Rabu (4/11).

Hasil survei juga mengindikasikan bahwa konsumen memperkirakan tekanan kenaikan harga berkurang pada Januari 2016. Hal ini terindikasi dari Indeks Ekspektasi Harga (IEH) enam bulan mendatang yang turun 12,8 poin menjadi 155,1.

Penurunan terbesar diperkirakan terjadi pada kelompok bahan makanan dan kelompok pendidikan, rekreasi dan olahraga.

Untuk kondisi enam bulan mendatang, konsumen memperkirakan kenaikan jumlah tabungan lebih sedikit dari bulan sebelumnya dan posisi pinjaman lebih rendah dari bulan sebelumnya. Hal ini terindikasi dari indeks perkiraan jumlah tabungan dan indeks perkiraan posisi pinjaman enam bulan mendatang yang tercatat turun masing-masing 0,6 dan 0,5 poin dari bulan sebelumnya.

(Okezone.com)

Komentar

Bank Indonesia Ekonomi