Sumbar Bakal Masuki Masa Cuaca Pancaroba

Ilustrasi Hujan

Ilustrasi.

Sumatera Barat diprediksi akan memasuki musim cuaca Pancaroba atau peralihan musim hingga akhir tahun 2016. Hal tersebut terlihat dari perubahan cuaca yang cukup signifikan di Sumatera Barat.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatera Barat (Sumbar) Nasridal Patria menyebutkan, jika musim Pancaroba tergolong peralihan dari musim kemarau menuju musim penghujan atau disebut Mangsa Labuh.

“Hal ini biasa terjadi saat bulan Oktober menuju Desember. Karakteristiknya ini biasanya terjadi hujan intensitas cukup tinggi secara tiba-tiba yang sebarannya tidak merata atau hujan lokal,” katanya di Padang, Kamis (6/10/2016).

Pihaknya sendiri juga mengimbau agar masyarakat tetap mewaspadai kemungkinan terjadi hujan dengan intensitas tinggi yang dapat berpotensi menimbulkan bencana banjir hingga tanah longsor.

“Kami mengimbau masyarakat yang tinggal di daerah rawan bencana untuk terus meningkatkan kewaspadaan, sehingga dapat diminimalkan korban jiwa dan kerugian harta benda,” jelasnya.

Selain masyarakat sendiri, kewasapadaan tersebut telah dikoordinasikan BPBD dengan sejumlah pihak terkait dengan mitigasi bencana yang tersebar pada kawasan yang ada di Provinsi Sumatera Barat.

“Jika terjadi bencana, masyarakat diharapkan bisa segera melaporkannya kepada petugas Keluraha, Kecamatan, Polisi atau bahkan langsung ke BPBD agar langkah mitigasi bisa dilakukan dengan cepat,” tutupnya.

Komentar

Cuaca Pancaroba Cuaca Sumatera Barat