Sosialisasi Karya Salemba Empat di Universitas Andalas

Kabarpadang.com, Padang (9/4)Pembukaan Sosialisasi Karya Salemba  Empat (KSE) Universitas Andalas berlangsung secara meriah dan disambut baik oleh seluruh mahasiswa/i di Unand. Dimulai pada pukul 9.00WIB hingga selesai. Acara ini mengusung tema “Bersama KSE, Dedikasi Untuk Kejayaaan Bangsa”. Tujuan dari sosialisasi ini memberikan informasi dan kesempatan pada mahasiswa untuk mengetahui kegiatan dan syarat apa saja untuk dapat mengikuti beasiswa KSE. Dengan adanya sosialisasi ini harapan dari panitia acara yaitu temen-temen dapat mengetahui sejarah KSE dan Paguyuban. Serta berkomitmen dengan hak, kewajiban dan berkontribusi penuh di KSE.

“ KSE berawal dari tahun 1984 salah seorang mahasiswa dari Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia yang membantu mencarikan beasiswa informal kepada mahasiswa/i yang kurang mampu dalam segi finansial. kemudian mengembangkan beasiswa ini pada tahun 2004 di ITB hingga pada tahun 2009 ada di Unand” Ungkap Ickwan Nasution seorang ketua paguyuban.

Dalam KSE ada sebuah organisasi Paguyuban, yaitu organisasi berlandaskan kekeluargaan. Disinilah letak perbedaan KSE dengan beasiswaa yang lainnya, selain mendapatkan uang bulanan 600 ribu, para penerima beasiswa juga mendapat pelatihan yang berasal dari donatur-donatur yang ada di KSE. Paguyubang ini lah yang nantinya membantu anggotanya untukmengikuti pelatihan apa yang cocok bagi anggotanya berdasarkan divisi-divisi yang ada. Tak tanggung KSE bahkan mengusung donatur-donatur besar seperti PT. Indofood, XL, BCA, bank Danamon, BNI, SCTV dan lainnya.

Hingga saat ini ada 116 orang mahasiswa/i Unand penemerima beasiswa KSE. Dan pada kesempatan kali ini KSE Paguyuban membuka kuota 120 orang bagi pemerimaan beasiswa.” Kewajiban nantinya untuk mahasiswa/i penerima beasiswa KSE adalah membuatempat laporan setiap bulan. Laporan pertama mengenai penerimaan uang, laporan kedua rincian biaya keluar, laporan ketiga mengenai IPK dan laporan keempat tentang kegiatan yang anda lakukan selama di Paguyuban.” Ungkap Ickwan.

KSE memberikan kesempatan bagi mahasiswa/i untuk dapat bergabung dengan cara registrasi online pada website KSE www.beasiswa.or.id pada 12-24 April 2015, selanjutnya batas pengumpulan berkas 10 April sampai 10 Mei 2015 di Sekretariat KSE Unand Jl. Kapalo Koto No. 53. Dilanjutkan dengan wawancara pada 14-24 Mei 2015. Hasilnya akan diumumkan pada bulan Agustus 2015.

 

 

Komentar