Kabarpadang.com
Mengabarkan Ranah Minang

Sore Ini, KPU Padang Musnahkan 25.110 Surat Suara

Ilustrasi. Pemusnahan surat suara Pilkada Padang beberapa bulan lalu. Foto : Cimon
Ilustrasi. Pemusnahan surat suara Pilkada Padang beberapa bulan lalu. Foto : Cimon

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Padang menjadwalkan pemusnahan surat suara akan dilakukan pada Selasa (8/7) sekitar pukul 17.00 WIB.

Koordinator Logistik dan Keuangan KPU Kota Padang, Mahyudin mengatakan, pemusnahan dilakukan sesuai dengan instruksi dari KPU Sumatera Barat.

“Jika tidak arah yang melintang, sore ini sesuai dengan instruksi KPU Sumatera Barat, kami KPU Padang akan memusnahkan surat suara rusak dan sisa,” katanya di Padang, Selasa (8/7).

KPU sendiri akan memusnahkan surat suara berjumlah 25.110 lembar. Adapun rinciannya yakni surat suara rusak 133 lembar, sedangkan selebihnya atau tepatnya 24.977 lembar merupakan surat suara sisa (tidak terpakai).

“Untuk surat suara sisa itu sudah dikurangi, karena itu merupakan surat suara yang berlebih untuk menutupi kekurangan surat suara di Mentawai dan Pesisir Selatan sebanyak 2.400 lembar,” tuturnya.

Terkait banyaknya jumlah surat suara sisa, Mahyudin menjelaskan bahwa logistik tersebut tidak dikembalikan, baik ke KPU Sumatera Barat maupun Pusat.

“Kita sudah laporkan seluruhnya, termasuk kelebihan surat suara ini. Sesuai instruksinya, surat suara sisa atau berlebih tersebut juga bakal dimusnahkan,” jelasnya.

Nantinya, tahapan pemusnahan surat suara akan dihadiri oleh KPU Sumbar dan Kota Padang, termasuk Panwaslu bersama Kepolisian.

Komentar
BERITA TERKAIT