Sijunjung dan Sawahlunto Siap Dukung Pembangunan KA Trans Sumatera

Rapat koordinasi Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno dengan pihak terkait tentang pembangunan Jalur Kereta Api di Gubernuran Sumbar, Kota Padang, Jumat (30/1). Foto : Istimewa

Rapat koordinasi Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno dengan pihak terkait tentang pembangunan Jalur Kereta Api di Gubernuran Sumbar, Kota Padang, Jumat (30/1). Foto : Istimewa

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Barat terus melangsungkan persiapan dalam pengembangan Jalur Kereta Api, terutama pada koridor enam dan delapan yang menghubungkan Dumai- Pekanbaru- Sijunjung- Sawahlunto, dan Padang- Pd Panjang- Solok- Sawahlunto – Muaro.

“Persoalan yang cukup besar saat ini terus dibahas mengenai jalur pada lokasi Kabupaten Sijunjung, sedangkan Sawahlunto dalam kondisi siap dalam pengembangan tersebut,” ujar Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno saat menggelar rapat membahas persoalan tersebut di Gubernuran Sumbar, Kota Padang, Jumat (30/1).

Ia menyampaikan, rapat kali ini merupakan tindak lanjut dari penanda tanganan MoU Pemprov Sumbar dengan Kementerian Perhubungan pada Selasa (27/1) lalu.

Dalam rapat ini kita melihat program yang masuk dalam Trans Sumatera Barat pada panjang koridor 6 ini sekitar 254,09 km sementara untuk koridor 8 251,01 km. “Untuk tahun 2015 kita focus pada koridor 6 dahulu, kita maksimalkan penuntasannya sesuai dengan tugas kewenangan baik oleh provinsi dan kabupaten Sijunjung dan Kota Sawahlunto,” jelasnya.

Dilanjutkan Gubernur, dirinya mengaku sudah memerintahkan Dinas Perhubungan untuk mempercepat langkah satu hingga dua minggu dalam menghitung dan berkoodinasi dengna pihak terkait.

Hal ini nantinya akan menjadi bahan usulan dan pedoman oleh Kementerian Perhubungan RI yang akan segera dimasukan dalam APBN-P tahun ini.

“Kita patut bangga Pemkab Sijunjung dan Pemko Sawahlunto telah menyatakan diri siap, dalam mensosialisasikan program ini agar berjalan baik di Sumatera Barat. Karena program ini hamper secara keseluruhan dibiayai oleh APBN,” terangnya.

(Humas Protokol Pemprov Sumbar)

Komentar

Gubernur Sumbar Kereta Api Pemerintah Pemprov Sumbar