Kabarpadang.com
Mengabarkan Ranah Minang

Siapkan Mental, Prajurit Dibekali Hipno Therapy

Penerapan Hipno Therapy pada Prajurit Batalyon 133 Yudha Sakti. Foto : Gesya Rikhaflina.
Penerapan Hipno Therapy pada Prajurit Batalyon 133 Yudha Sakti. Foto : Gesya Rikhaflina.

Batalyon 133 Yudha Sakti bakal memberangkatkan sekitar 450 personel Tentara Nasional Indonesia (TNI) TNI Angkatan Darat (AD) pada September 2014 dalam rangka penguatan penjagaan perbatasan di Provinsi Papua.

Sebelum diberangkatkan, tampak hal yang berbeda pada Markas Batalyon 133 Yudha Sakti, Air Tawar, Kota Padang, Jumat (15/8). Personel terlebih dahulu dibekali dengan Hipno Motivasi untuk memperkuat mental prajurit.

Komandan Batalyon (Danyon) 133 Yudha Sakti, Mayor Inf Arief Hidayat mengatakan, ada dua persiapan yang dilakukan pihaknya sebelum memberangkatkan para prajurit untuk menjaga perbatasan.

“Pertama kita berikan pelatihan fisik, ya seperti latihan pra tugas selama 40 hari dalam satuan dan 10 hari diluar,” katanya.

Kemudian, persiapan kedua adalah mental. Untuk itu, pihaknya mendatangkan motivator untuk memberikan persiapan mental berupa Hipno Therapy kepada para prajurit.

“Ini merupakan salah bentuk untuk menguatkan mental para prajurit, menstabilkan emosi dan bersikap damai dalam menjalankan tugasnya nanti di Papua,” jelasnya.

Selain itu, Danyon juga menjelaskan, ini merupakan pertama kalinya Hipno Therapy diterapkan untuk kesiapan mental prajurit di Indonesia.

“Saya kira, ini pertama kalinya, karena saya belum pernah dengar atau lihat ada Hipno Therapy diterapkan pada prajurit,” terangnya.

Terlihat, ratusan prajurit tersebut mengikuti gerakan instruktur dari pihak Motivator. Motivator sendiri memperagakan Hipno Therapy itu sembari diikuti oleh prajurit.

“Kita masuk kealam bawah sadarnya, lalu kita berikan sugesti yang baik. Ini bekal buat mereka untuk merasa damai, kuat, tegas dan bisa menjaga diri saat tugas nanti,” kata Motivator, Ode Mardheso Yordan.

Komentar
Loading...
BERITA TERKAIT