Kabarpadang.com
Mengabarkan Ranah Minang

Siap-Siap, Bus Trans Padang Segera Beroperasi

Bus Trans Padang. (Foto:Infosumbar.net)
Bus Trans Padang. (Foto:Infosumbar.net)

Bus Trans massal di Kota Padang dijadwalkan akan beroperasi pada Februari 2014 mendatang. Sebelumnya, bus masssa ini ditargetkan akan beroperasi pada akhir tahun 2013 ini.

“Walikota Padang Fauzi Bahar akan menerima secara simbolis bus massal trans padang itu di Semarang sekitar pukul 09.00 WIB tadi pagi,” ujar Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo) Kota Padang, Raju Minrofa, Kamis (19/12) kemarin.

Diperkirakan, pada Senin (23/12), bus tersebut akan diberangkatkan dari kota Semarang menuju Kota Padang, dan berkemungkinan akan sampai pada hari Jumat (27/12) minggu depan.

Sebelum dioperasikan, bus massal nantinya juga akan diuji coba selama tiga hari, dan saat itulah, para penumpang yang naik tidak dikenakan biaya tiket perjalanan alias gratis.

Lalu pada awal tahun 2014, setelah adanya pengesahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Darah (APBD) 2014 akan dilakukan tender pengadaan supir dan pramugara, dengan rentan waktu selama 30 hari.

Bus massal yang didistribusikan oleh Dirjen Perhubungan Darat sebelumnya menargetkan Kota Padang akan mendapatkan sebanyak 20 unit bus, tetapi kenyataannya hanya 10 unit.

“Bus trans-Padang ini hanya terealisasi 10 unit dari 20 unit yang diharapkan selama ini, disebabkan bus massal itu juga memperuntukan bagi provinsi dan daerah lainnya di Indonesia,” jelasnya.

Dishubkominfo Kota Padang sendiri berencana akan menambah armada bus tersebut sebanyak 10 atau minimal lima unit lagi, dengan anggaran Rp. 500 juta untuk satu unit bus.

Sementara untuk terminal, Dishubkominfo tidak menyiapkannya, karena akan menggunakan sistem hanya berhenti di halte atau terus bergerak.

“Sistemnya nanti tanpa terminal, dimana bus hanya akan berhenti di halte saat menaiki dan menurunkan penumpang, kemudian kembali jalan,” tuturnya.

Bus massal Trans Padang ini akan berjalan mulai dari pukul 06.00 WIB hingga pukul 20.00 WIB setiap harinya. (Ant/Rb/ed*wn)

Komentar
Loading...
BERITA TERKAIT