Sepuluh Nama Balon Gubernur Sumbar dari Nasdem ?

Lambang Partai Nasdem. Foto : Istimewa

Lambang Partai Nasdem. Foto : Istimewa

Pemilihan Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) semakin dekat. Berbagai kalangan, mulai mendaftarkan diri sebagai Bakal Calon (Balon) Pilkada Gubernur (Pilgub) Sumbar tersebut.

Pendaftaran Balon Gubernur saat ini terhitung terbanyak pada Partai Nasional Demokrat (Nasdem). Setidaknya hingga hari ini, Kamis (12/2) ada 10 orang yang telah mendaftarkan dirinya.

Ketua Tim Pilkada Partai Nasdem Sumbar, Masranova Andesra mengatakan, saat ini Partainya membuka pendaftaran Balon Pilgub dari 28 Januari hingga 10 Februari yang lalu. “Saat ini kita sudah tutup untuk pendaftarannya, sepertinya Nasdem memang jadi salah satu perubahan bagi para calon pemimpin Sumbar kedepan,” katanya di Padang.

Disebut Masranova, kesepuluh Balon yang telah mendaftar tersebut terdapat dari politisi dan kepala daerah. Adapun kesepuluh nama tersebut adalah Muslim Kasim (Wakil Gubernur Sumbar), Syamsu Rahim (Bupati Solok), M. Shaddiq Pasadiqoe (Bupati Tanah Datar), Epyardi Asda (Anggota DPR RI dari PPP), Endre Saefoel (Anggota DPR dari Nasdem), Chairul Umaya (Ketua Dewan Pakar Nasdem Sumbar), Erlim Contessa (Mantan Caleg DPR RI dari Nasdem), Fauzi Bahar (Ketua DPD PAN Padang dan Mantan Walikota Padang), Erizal Efendi (Mantan Caleg DPR RI dari Nasdem) dan Taslim Chaniago (Mantan Anggota DPR RI dari PAN).

“Partai Nasdem jika dicocokan dengan Partai manapun yang memiliki kursi diatas seperti PAN, Demokrat, PPP dan Golkar bakal cukup untuk mengusung pasangan calon. Jadi, orang bilang, Nasdem itu Partai yang sangat cocok, maka banyak peminat,” jelasnya.

Ia mengaku Partainya tidak memungut mahar maupun biaya terhadap masing-masing Balon. “Kita memang Partai baru, tetapi kita prinsipnya keterbukaan, kita tidak ada mahar maupun biaya apapun. Baik dia kader atau tidak, kita perlakukan dengan baik,” tuturnya.

Sementara itu, terkait siapakah yang nantinya bakal lolos, disebut Masranova akan diputuskan oleh Dewan Perwakilan Pusat (DPP) Partai Nasdem. “Dari sepuluh nama, nanti kita akan menjaring menjadi tiga nama dan diserahkan ke Pusat. DPP lah nantinya yang bakal memutuskan,” pungkasnya.

(Putra)

Komentar

Calon Gubernur Nasdem Pilgub Sumbar Politik