Senator Sumbar Dukung Bank Nagari Hadirkan Perbankan Syariah

Kantor Pusat Bank Nagari. Foto : Internet
Kantor Pusat Bank Nagari. Foto : Internet

Pemerintah dan masyarakat Sumatera Barat memperkuat dukungan bagi Bank Nagari (PT Bank Pembangunan Daerah Sumatera Barat) untuk memiliki lembaga perbankan berbasis syariah.

Anggota DPD RI Asal Sumbar, Leonardy Harmainy menyatakan dukungan terhadap rencana Bank Nagari tersebut.

Menurutnya, saat ini Bank Nagari masih berbentuk unit usaha syariah saja, Bank Nagari mampu menjadi yang terbaik dalam pengelolaan untuk klaster BPD, apalagi jika telah ada Bank Nagari Syariah.

“Kita harus mendukung upaya Bank Nagari untuk melakukan konversi ke sistem syariah. Perlu upaya perkuatan terhadap hal ini. Selain menguntungkan kedua belah pihak, Bank Nagari Syariah akan mengangkat citra Sumbar pula,” kata Leonardy.

Leonardy menyebutkan, dari pertemuannya dengan Direktur Utama Bank Nagari Deddy Ihsan beserta jajaran, bank tersebut harus segera bertindak cepat untuk memproses konversi ke perbankan syariah. Ada dua opsi yang harus dipilih dan sama-sama punya konsekwensi.

Dikatakannya, opsi pertama spin-off, dimana bank ini harus mendirikan satu bank khusus bersistem syariah. Pilihan ini membuat bank tersebut harus menyediakan modal Rp1 triliun.

Sementara opsi lainnya, Bank Nagari memilih sistem syariah sebagai satu-satunya cara mengelola lembaga perbankan mereka.

“Kita harus memberikan dukungan yang diperlukan. Selain hasil jajak pendapat yang melebihi 50 persen, kecukupan modal Bank Nagari harus pula mendapat perkuatan. Ini bisa didapat dari penambahan modal dari pemerintah-pemerintah daerah di Sumbar sebagai pemegang saham,” jelasnya.

Selain itu, disebut Leonardy, modal bisa dihimpun dari dana transfer daerah yang dipindahkan ke Bank Nagari. Bisa juga dengan memanfaatkan LPDB KUMKM untuk memperbesar dana investasi bagi bank tersebut.

Menurut pandangannya, Bank Nagari perlu tetap menjadi salah satu bank penerima setoran biaya perjalanan ibadah haji. Terlebih jika dana-dana cadangan haji lainnya juga ditempatkan di Bank Nagari.

“Ayo kita dukung Bank Nagari berpola syariah. Selain menguntungkan bank penyelenggara dan nasabah, Bank Nagari Syariah juga membuat masyarakat lega bertansaksi dengan perbankan,” tutupnya.

Komentar
Loading...
BERITA TERKAIT