Kabarpadang.com
Mengabarkan Ranah Minang

Selama Lebaran, Kota Padang Dikunjungi 164.000 Wisatawan

Pantai Padang dipadati wisatawan
Ilustrasi. Pantai Padang dipadati wisatawan. Foto : Istimewa

Sepanjang libur lebaran 2017, wisatawan yang berkunjung ke Kota Padang mencapai 164.000 orang. Jumlah ini sendiri meningkat cukup signifikan dibandingkan tahun 2016, dan hari libur lainnya.

Kepala Dinas (Kadis) Pariwisata dan Kebudayaan Kota Padang, Medi Iswandi menyebutkan, jumlah tersebut meningkat dibandingkan tahun lalu, termasuk hari libur lainnya.

“Kita perkirakan lonjakan wisatawan ini karena adanya perubahan yang cukup signifikan terhadap objek wisata di Kota Padang,” katanya di Padang, Selasa (11/7/2017).

Medi menambahkan, jika meningkatnya kunjungan wisatawan terjadi pada H+1 hingga H+7 libur lebaran 2017.

“Untuk wisatawan kebanyakan dari luar Kota Padang, seperti Sumatera Utara, Jambi, Sumatera Selatan dan Riau. Hal ini terlihat dari asal plat kendaraan yang digunakan wisatawan,” jelasnya.

Untuk kunjungan terpadat selama libur lebaran, disebut Medi paling banyak terjadi di kawasan Campago, Pantai Padang.

“Pantai Padang paling rame, hingga terkadang kemarin ada kepadatan kendaraan. Objek wisata yang juga ramai saat lebaran seperti Pantai Air Manis dan kawasan Kota Tua,” terangnya.

Selain itu, Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sumatera Barat peningkatan juga terjadi pada Okupansi (tingkat hunian) Hotel yang ada di Sumatera Barat.

“Untuk tertinggi saat libur lebaran sudah mulai terjadi pada H-5 libur lebaran dengan Okupansi 75 persen. Sedangkan, diatas H+2 libur lebaran rata-rata mencapai 90 persen lebih dan ada yang penuh,” kata Ketua PHRI Sumatera Barat, Maulana Yusran.

Untuk peningkatan Okupansi Hotel di Sumatera Barat sangat terlihat di Kota Bukittinggi dan disusul Kota Padang.

“Yang paling cepat untuk Okupansi naik di Kota Bukittinggi, dan disusul Kota Padang,” singkatnya.

Komentar
BERITA TERKAIT