Sehari, Gempa Dua Kali Landa Sumbar

Ilustrasi Gempa. Foto : Istimewa

Ilustrasi Gempa. Foto : Istimewa

Selama satu hari, Senin (5/1), gempa kembali melanda sejumlah daerah Sumatera Barat (Sumbar) sebanyak dua kali.

Gempa pertama terjadi pada pukul 10.40 WIB dengan kekuatan 3,4 Skala Richter. “Gempa berpusat pada 10 Kilometer Tenggara PadangPanjang. Sedangkan untuk kedalamannya sendiri pada 10 Kilometer,” kata Kasi Data dan Informasi BMKG Ketaping Padang.

Kemudian, disebut Budi, gempa kedua terjadi pada pukul 16.08 WIB. Gempa ini berkekuatan sama yakni 3,4 Skala Richter. “Untuk pusatnya berbeda, gempa ini berpusat pada 59 Kilometer Barat Daya Pariaman. Sementara, untuk kedalaman sendiri pada titik 13 Kilometer,” jelasnya.

Namun, kedua gempa sendiri masih berinsentitas kecil dan tidak berpotensi tsunami. “Tidak berpotensi tsunami, kedua gempa sendiri masih dalam intensitas yang kecil,” terangnya.

Walaupun demikian, pihaknya sendiri mengimbau agar masyarakat tetap waspada. “Kita tidak bisa prediksi kapan gempa terjadi, walaupun selama dua bulan belakangan memang sering terjadi gempa berintensitas kecil, terpenting masyarakat waspada,” pungkasnya.

Seperti diketahui, pekan kemarin gempa juga melanda sejumlah daerah Sumatera Barat. Tetapi, masih dalam kekuatan yang berintensitas kecil.

Komentar

BMKG Padang Gempa Sumbar