Kabarpadang.com
Mengabarkan Ranah Minang

Segera, Trans Padang Operasi 3 Januari 2014

Bus Trans Padang. (Foto:Infosumbar.net)
Bus Trans Padang. (Foto:Infosumbar.net)

Sebanyak 10 unit armada bus Trans Padang dijadwalkan aktif beroperasi pada 3 Januari 2014 mendatang. Bus ini nantinya akan melayani kebutuhan publik dalam mengedepankan trasportasi massal di Kota Padang.

“Awal Januari 2014, sebanyak 10 unit bus trans resmi beroperasi di Kota Padang,” kata WaliKota Padang Fauzi Bahar, di Padang, Senin (30/12) kemarin.

Menurutnya, saat ini 10 unit bus itu telah berada di Kota Padang. Bus itu juga akan melakukan rangkaian uji coba selama satu hingga dua bulan, dan para penumpang yang naik tidak dikenakan biaya alias gratis.

“Semua halte-halte juga sudah diperbaiki, supir bus Trans berasal dari bus kota yang tidak layak jalan, dan juga telah mengikuti pelatihan,” tuturnya.

Selain itu, untuk pengelolaan bus Trans Padang akan diberikan kepada Koperasi Sumbar Jaya Trans, dimana di dalamnya itu adalah para pemilik bus kota.

“Perusahaan atau pihak ketiga inilah yang mengatur segalanya, mulai dari sopir, penjualan karcis hingga perawatan bus,” jelasnya.

Bus Trans Padang sendiri dapat menampung muatan sebanyak 34 penumpang duduk dan berdiri, yang akan beroperasi setiap hari dari pukul 06.00 hinga 09.00 WIB. Jika telah beroperasi, tarif tiketnya, untuk pelajar Rp. 1.500 dan umum Rp. 3.500 setiap satu kali jalannya.

“Untuk mekanisme pembelian karcis sementara waktu akan dilakukan di dalam bus sampai halte penunjang untuk pembelian karcis selesai,” tuturnya.

Kehadiran bus Trans Padang saat ini telah sesuai dengan RTRW kota, ditambah dengan kebutuhan masyarakat terhadap perbaikan mutu jasa angkutan umum di Kota Padang.

Keberadaanya diharapkan, dapat dinikmati oleh masyarakat, melalui pelayanan yang nyaman, murah, dan terpenting terjauh dari kejadian yang negatif maupun tindak kriminal.

“Untuk tahap pertama bus massal akan beroperasi pada jalur koridor I, yaitu Jalan Adinegoro, Jalan DR. Hamka, Jalan Khatib Sulaiman, Jalan Rasuna Said, Sudirman, Imam Bonjol,” tutupnya.

Sumber : AntaraSumbar.com

Editor : WAN

Komentar
BERITA TERKAIT