Saber Pungli Sumbar Berdiri 16 November

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno memberikan pengarahan. FOTO/IST

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno memberikan pengarahan. Foto : Istimewa

Tim Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) Sumatera Barat akan diluncurkan 16 November mendatang. Hal tersebut sesuai dengan instruksi Presiden RI dalam pertemuan bersama Gubernur beberapa waktu lalu.

Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno mengatakan, Presiden menginstruksikan untuk ditahap awal dilakukan oleh pihak kepolisian untuk bekerja. Barulah, setelah tiga balun, dibentuk tim Saber Pungli.

“Hari ini kita mulai rapat persiapan dengan semua lembaga dan instansi yang terkait. Peluncurannya 16 November nanti,” katanya di Aula Gubernuran, Kota Padang, Rabu (27/10/2016) kemarin.

Tetapi, pembentukan tim Saber Pungli dipercepat, dimana harus terbentuk pada 16 November 2016, setelah adanya kebijakan baru yang dikeluarkan. “Karena ada kebijakan ini, kita lang­sung mengadakan per­te­muan sekarang sebagai per­siapan untuk membentuk tim tersebut,” jelasnya.

Sesuai pesan Presiden, pungli sendiri tidak memandang besar nominalnya. Namun, apapun aktivitas yang jelas telah melakukan tindak pungli. “Jadi, meskipun hanya se­ribu atau lima ribu, asal itu pungli, tidak boleh dila­kukan. Kalau kedapatan tetap dilakukan, pecat,” tegasnya.

Gubernur juga mewanti-wanti agar seluruh abdi negara walau berlainan lembaga haruslah sebagai pelayan rakyat. Karena itu harus bisa memberikan pelayanan terbaik pada rakyat. “Jangan rakyat malah dipungli,” tegasnya.

Sementara itu, Kapolda Sumbar, Brigjen Pol Drs Basarudin menyebut, komitmen pihak kepolisian untuk memberantas pungutan liar sudah jelas. “Secara internal telah kita lakukan. Kedepan akan dibentuk pula tim Satgas Saber Pungli untuk memberantas pungutan lintas instansi,” katanya.

Kapolda menilai pembentukan tim itu sangat bermuatan positif hingga menjadikan momentum untuk menghilangkan pungutan liar pada setiap instansi pelayanan publik. Tim Saber Pungli itu menurutnya dibentuk berdasarkan Perpres Nomor 87 tahun 2016 tentang Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar.

Komentar

Pungutan Liar Saber Pungli