RPJMD Dikebut, Satu Bulan SKPD Diminta Selesaikan

Wakil Walikota Padang, Emzalmi.
Wakil Walikota Padang, Emzalmi.

Mengawali pemerintah baru, Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Padang dikebut. Hal ini dilakukan untuk mengejar limit enam bulan yang diberikan kepada pemerintahan kepala daerah yang baru.

Wakil Walikota Padang, Emzalmi menyebutkan untuk melancarkan rancangannya, saat ini seluruh pihak Satuan Kerja Perangkat Daerah (SPKD) diberi tenggat satu bulan untuk menyelesaikannya.

“Kita berikan tenggat selama satu bulan untuk pengusulan dan perancangan RPJMD dari SKPD kepada kepala daerah. Hal ini juga untuk menyelesaikan rencana strategis (renstra) yang akan disinktronkan dengan program unggulan lima tahun kedepan,” katanya di Padang, Rabu (28/5).

Ia juga menegaskan, setiap SKPD harus memahami terlebih dahulu dari RPJMD sebagai rencana induk sebelum dijabarkan dalam program teknisnya. SKPD dituntut dapat memunculkan renstra yang berkualitas dan aplikatif sekaligus realistis,” jelasnya.

Bila satu bulan ini renstra itu selesai oleh SKPD, lanjut Emzalmi, maka itu akan menjadi rujukan untuk program tahunan. “Mereka (SKPD) tak perlu pusing – pusing, karena dalam renstra itu telah diuraikan kegiatan – kegiatan yang mesti dilaksanakan. Sehingga penggunaan APBD nantinya bisa lebih efisien,” ujarnya.

Menurutnya, kegiatan sosialisasi renstra harus dihadiri langsung oleh kepala SKPD karena para narasumber akan menjelaskan serincinya tentang pokok, teknis dan metode RPJMD tersebut. “Sehingga ada keseragaman dan kesamaan persepsi. Sebab, bila salah memahami akan salah aplikasinya,” tuturnya.

Komentar
Loading...
BERITA TERKAIT