Kabarpadang.com
Mengabarkan Ranah Minang

Ribuan Surat Suara Pilwako Padang Rusak

pilkada yessPOLITIK – Menjelang Pilwako Padang yang akan diselenggarakan 30 Oktober 2013 mendatang membuat KPUD Padang harus bekerja ekstra dalam meenyiapkan ajang demokrasi terbesar Kota Padang ini.Mulai dari hari Rabu (16/10) hingga masuknya hari ketiga, Jumat (18/10) proses sortir dan pelipatan surat suara yang dilakukan KPU Kota Padang menemui ribuan surat suara yang rusak.

Hal ini ditemukan pada kotak suara yang berisi 1000 lembar surat suara, bahkan diprediksi masih ada dua kotak lagi mengalami kerusakan karena ketika pelipatan tidak sesuai antara formulir isian, kelompok panitia pemungutan suara (KPPS), sampul dengan sepuluh pasangan calon yang ada.

Pengawas proses sortir dan pelipatan Surat Suara, Yulia Wartaningsing mengatakan hingga hari kedua, proses sortir dan lipat berjalan Kamis (17/10), sudah ada sebanyak 1661 lembar surat suara yang rusak. Hingga Jumat (18/10) pukul  11.30 Wib ada tambahan 20 lembar yang rusak. Kerusakan disebabkan karena beberapa hal. Yang pertama foto pasangan calon yang warnanya buram, surat suara yang bagian belakangnya tidak tercetak formulir isian KPPS, penyebaran tinta, sobek dan berlubang, foto pasangan calon yang goyang (foto tidak fokus dan membayang).

Jumlah surat suara yang sudah sampai ke kantor KPU Padang sebanyak 575 kotak yang terdapat dari total DPT ditambah 2.5 persen yakni 574.742 lembar. “Dalam pengawasan saya hanya melaporkan progres laporan pelipatan surat suara yang dikategorikan rusak. Untuk kedepannya, saya sendiri tidak tahu apakah yang rusak ini dimusnahkan atau malah disimpan. Itu tergantung komisioner nantinya,” katanya.

Dilanjutkannya untuk proses sortir dan lipat surat suara ditargetkan selesai dalam waktu lima hari dan hingga hari kedua yaitu kamis sudah dilipat sebanyak 129.661 sedangkan untuk sekarang jumat belum ada laporan pastinya karena proses pelipatan dilakukan sampai malam.

 

 

Komentar
Loading...
BERITA TERKAIT