Ribuan Masyarakat Sumbar Serukan #TANGKAPAHOK

Aksi Damai #TangkapAhok didepan Mapolda Sumatera Barat, Kota Padang, Rabu (3/11/2016). Foto : Istimewa

Aksi Damai #TangkapAhok didepan Mapolda Sumatera Barat, Kota Padang, Rabu (3/11/2016). Foto : Istimewa

Ribuan massa yang tergabung dari masyarakat dan mahasiswa melakukan unjuk rasa didepan Markas Polda Sumatera Barat (Sumbar), Kota Padang, Kamis (3/11). Adapun aksi ini merupakan aksi damai Bela Al-Qur’an yang menuntut agar penista agama, Basuki Tjahja Purnama alias Ahok dihukum secara adil.

Aksi sendiri dimulai pukul 13.30 WIB dengan long march dari Mesjid Nurul Iman, Padang menuju Markas Polda Sumbar. Sepanjang long march, peserta aksi menyuarakan “Tangkap Ahok” dan “Tegakkan Keadilan”.

Terlihat, ratusan aparat kepolisian turut mengamankan aksi yang dilakukan se-Indonesia tersebut. Sesampainya disana, peserta aksi langsung menyampaikan aspirasinya kepada Kapolda Sumbar agar mendukung penegakan hukum bagi penista agama.

Mereka menilai bahwa perbuatan yang dilakukan oleh Ahok telah melukai umat islam diseluruh Indonesia.

“Agama kami mengajarkan untuk cinta damai, kami sangat menjunjung tinggi toleransi antar agam, tapi Ahok telah menghina kepercayaan kami, dan itu melukai kami. Jika agama kami yang dihina, maka seribu nyawa kami relakan untuk membela,” kata Orator Aksi, Uruwatul Usqo saat berorasi.

Peserta aksi juga menuntut agar penegak hukum berlaku adil, karena penistaan agama harus diproses secara hukum walau sudah dilakukan minta maaf dari yang bersangkutan.
“Kami tidak berurusan dengan apapun yang lain, hanya satu, personal (individu) yaitu saudara Basuki Tjahja Purnama alias Ahok agar diproses secara hukum,” tegasnya.

Peserta aksi sendiri membubarkan diri sekitar pukul 15.45 WIB. Hingga berakhir, tidak terlihat pihak kepolisian yang menemui atau menanggapi tuntutan dari pengunjuk rasa tersebut.

Komentar

Demo Sumbar Kasus Ahok Penistaan Agama