Kabarpadang.com
Mengabarkan Ranah Minang

Ranperda Wisata Halal Sumbar Ditargetkan Rampung 2017

Ilustrasi/Suasana malam di kawasan Jam Gadang, Kota Bukittinggi, Sumatera Barat. Dok.@tanharimage
Ilustrasi. Suasana malam di kawasan Jam Gadang, Kota Bukittinggi, Sumatera Barat.Foto : tanharimage

Awal 2018, naskah akademik Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Tentang Wisata Halal pada 2017 baru akan diajukan ke DPRD Provinsi Sumatera Barat (Sumbar). Sehingga tahun ini Pemerintah Provinsi Sumbar akan menyelesaikan.

Memang ranperda itu sangat dibutuhkan, sebab setelah sebelumnya Sumbar memperoleh penghargaan pada bidang destinas wisata halal tingkat nasional dan internasional, kata Sekretaris Dinas Pariwisata Sumbar, Taufik. Kamis (6/7).

“Aturan hulum belum ada sehingga perlu regulasi, dan saat ini masih proses penyusunan naskah dan ditarget akhir tahun ini,” katanya.

Menurutnya, ketika telah ada perda pelaksanaan pariwisata halal, maka arah kebijakan bidang pariwisata akan lebih terarah, tertata dan terkelola dengan baik. Isinya memuat aturan-aturan mengenai sertifikasi untuk restoran, hotel atau sarana lainnya dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).

“Konsep pariwisata halal harus ada peran berbagai pihak terutama MUI, tokoh adat, budayawan, dan masyarakat sendiri,” pungkas Taufik.

DPRD Provinsi Sumbar berharap dapat mengakomodir seluruh yang berkaitan dengan wisata halal agar tak menuai polemik di kemudian hari. “Produk hukum sebagai pengatur arah kebijakan terkait hal ini, dan semoga draftnya segera selesai sehingga dapat dibahas di tataran kami,” kata Ketua Komisi V DPRD Sumbar Hidayat.

Komentar
Loading...
BERITA TERKAIT