Rangkaian Acara Indfest Sukses Dibuka dengan Seminar Nasional

Seminar Nasional Indfest 2015 di Convention Hall, Unand (14/4)

Seminar Nasional Indfest 2015 di Convention Hall, Unand (14/4) Foto: Yudhi Saputra

Acara Industrial Festival (Indfest) yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Industri (HMTI) Universitas Andalas sukses dibuka pada hari Selasa kemarin (15/4). Acara tahunan yang pada tahun ini bertemakan Optimalisasi Potensi Indonesia Menjadi Poros Maritim Dunia tersebut dibuka dengan seminar nasional yang membahas tentang pengoptimalan sumber daya Indonesia menjadi ekonomi kreatif berbasis kelautan. Narasumber seminar tersebut adalah tiga orang pakar kelautan dan maritim Indonesia serta wilayah Sumatera Barat sendiri.

Sebenarnya acara tersebut bertujuan untuk memperingati Hari Ulang Tahun Teknik Industri yang jatuh pada tanggal 5 Mei. Selain itu, juga untuk menunjukkan manfaat dan fungsi mahasiswa bagi negaranya sendiri.

“Kita sebagai mahasiswa seharusnya menunjukkan kontribusi dan memiliki sesuatu yang bisa diberikan kepada negara kita sendiri. Oleh karena itu, diangkatlah acara Indfest ini yang selalu membahas isu-isu yang berkembang di masyarakat tiap tahunnya,” jelas Irvan Khairul Ananda selaku Ketua Acara Indfest ini.

Alasan kenapa tahun ini bertemakan maritim, Irvan menjelaskan karena dua pertiga dari wilayah Indonesia ini adalah laut tetapi pemanfaatannya belum dioptimalkan.

“Bahkan masyarakat pesisir pantai rata-rata tingkat perekonomiannya menengah ke bawah. Padahal potensi laut di depan mereka itu sangat luas,” tambahnya.

Selain seminar nasional, acara tersebut juga akan dilanjutkan dengan Student Essay Competition (SEC) yang diikuti oleh siswa SMA se-Indonesia dan bertemakan Pendayagunaan Sektor Wisata Bahari dalam Rangka Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Lokal. Kompetisi ini telah dimulai sejak bulan Februari lalu dan berakhir pada tanggal 16 April 2015 mendatang.

Kemudian dilanjutkan dengan Industrial Student Entrepreneurship Award yang dimulai sejak bulan Februari hingga 21 April mendatang dan diikuti oleh mahasiswa se-Indonesia. Kompetisi ini bertujuan untuk melihat kreatifitas mahasiswa dalam memanfaatkan potensi maritim Indonesia di bidang kewirausahaan. Pesertanya tidak hanya mahasiswa Unand, tetapi juga mahasiswa dari universitas lain seperti USU, UNRI, UI, ITB dan masih banyak lagi.

Sedangkan rangkaian acara terakhir adalah Industrial Engineering on Action yang merupakan perlombaan penulisan paper terkait potensi logistik Indonesia dalam mencapai poros maritim dunia dan merupakan acara khas Teknik Industri. Acara ini dimulai sejak bulan Februari lalu hingga 27 April mendatang. Penutupan akan dilakukan pada tanggal 30 April 2015.

Irvan selaku ketua panitia sendiri berharap acara ini dapat berkembang hingga tingkat ASEAN.

“Ya harapannya agar acara Indfest ini bisa mencapai se-ASEAN. Ini juga permintaan peserta acara tahun lalu. Untuk peserta sendiri dari tahun ke tahun cukup meningkat,” tutup Irvan

Komentar

Indfest seminar nasional Unand