Railbus Padang-Kayu Tanam Resmi Beroperasi

Kereta Api Railbus. Foto : Istimewa

Kereta Api Railbus. Foto : Istimewa

Setelah menanti cukup lama, akhirnya transportasi Kereta Api Lembah Anai jurusan Kayu Tanam-Lubuk Alung resmi beroperasi di Stasiun PT KAI, Simpang Haru, Kota Padang, Selasa (1/11/2016).

Nantinya, transportasi Kereta Api perintis tersebut akan menggunakan Railbus. Dimana, Railbus itu terdiri dari tiga gerbong kereta yang mampu mengangkut 160 penumpang.

Dengan rincian, 160 penumpang tersebut terdiri dari 78 penumpang mendapatkan tempat duduk sedangkan 82 penumpang lainnya posisi berdiri.

Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan, Prasetyo Boeditjahjono menyebut, jika hadirnya KA Perintis ini dapat memudahkan masyarakat.

Hal tersebut, juga guna menghidupkan kembali transportasi perkeretaapian di Sumatera Barat.

“Frekuensi perjalanan Railbus ini direncanakan akan dioperasikan sebanyak empat kali dalam sehari dengan waktu tempuh perjalanan 38 menit sekali jalan,” katanya didampingi Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno saat peresmian jalur KA tersebut.

Sekedar informasi, nantinya tarif yang dibebankan kepada masing-masing penumpang sebesar Rp.3.000 untuk satu kali perjalanan.

Komentar

Kereta Api Railbus Transportasi Padang