Kabarpadang.com
Mengabarkan Ranah Minang

Produksi Tenun Khas Sumbar Perlu Ditingkatkan

Menperin Airlangga H memberikan sambutan dalam pembukaan Pameran Produk Unggulan Indonesia di Kemenperin, Jakarta

Potensi pengembangan tenun cukup besar dari permintaan baik luar daerah dan luar negeri, hal ini tentunya butuh kerja keras untuk memenuhi permintaan tersebut, kata Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, saat kunjungan kerja di Padang, Sumatera Barat.

Ia berharap pemerintah daerah Sumatera Barat untuk terus mendorong industri kecil, menengah penghasil produk khas daerah. Menperin akan melihat dari jauh perkembangan itu, dan sudah barang tentu akan ada dorongan ke depan. Alasan MenperinAirlangga yang menggantikan Saleh Husin agar tetap terjaga khas budaya Minangkabau dan salah satunya produksi tenun.

“Ini merupakan industri paling berpotensi untuk dikembangkan, seperti tenun, sulam bordir dan garmen, tentunya ini ialah pakaian jadi,” Menperin Airlangga Hartarto.

Industri kecil dan menengah yang digeluti masyarakat daerah, tentunya sebagai penghasil lain disamping adanya industri seperti kelapa sawit dan semen yang merupakan sumber daya alam yang berbasis di Sumbar. Meskipun demikian, ke depan katanya, Sumbar mesti memperkuat usaha tekstil agar berkesinambungan bagi masyarakat.

“Ya itu selain menghasilkan produk berkualitas, tekstil juga perlu diproduksi oleh daerah, bagaimana caranya itu tugas dan tanggungjawab pemerintah dengan memberikan pelatihan, bantuan dan pembinaan serta pola pendistribusian,” ujar Airlangga.

Komentar
BERITA TERKAIT