Porprov Sumbar : Hari Ini, Cabor Biliar Mulai Dipertandingkan

Pekan Olahraga Provinsi Sumatera Barat 2016.

Pekan Olahraga Provinsi Sumatera Barat 2016.

Cabang Olahraga (Cabor) Biliar resmi dipertandingkan pada ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat, hari ini, Minggu (20/11/2016).

Cabor ini terbilang baru, dan baru saja mendapatkan keputusan untuk dapat diperlombakan pada Sabtu (19/11/2016) tadi malam. Walau begitu, namun persiapan olahraga bola sodok itu sudah dilakukan maksimal.

Ketua Pelaksana Cabor Biliar, Agung Febrian menyebut, biliar telah memiliki nama, walaupun masih kategori Cabor baru. Para pebiliar juga rata-rata sudah pernah merasakan pertandingan berskala nasional.

Untuk Porprov Sumbar, disebut Agung, ada 15 nomor yang akan dipertandingkan dengan peserta dari 13 Pengcab (Pengurus Cabang) di Sumbar dan memperebutkan 15 emas, 15 perak dan 15 perunggu.

Beberapa cabang yang dimainkan dalam Porprov kali ini seperti, 9 ball. 10 ball, caroom, pasangan 9 ball dan pasangan 10 ball.

“Kesiapan dari segi pertandingan dan venue sudah 100 persen. Kami sudah menjalankannya dan menjadi tuan rumah yang baik,” sebutnya saat pembukaan Pertandingan Cabor Biliar Porprov Sumbar di Hotel Kyriad Bumiminang, Padang.

Dalam laga Porprov, diikuti oleh 62 atlet biliar se-Sumbar dengan 27 panitia dan 32 official serta 38 wasit ini nantinya akan terlihat pula wajah-wajah baru yang bisa diikutkan pada PON di Papua tahun 2020 mendatang.

“Tidak itu saja, panitia juga menyiapkan 3 dewan hakim yang akan menjadi penilai,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Pengprov POBSI Sumbar, Alexander Dino menyebut, ajang Porprov merupakan salah satu cara penilaian bagi atlet-atlet untuk bisa berlaga pada kancah yang lebih tinggi.

“Kami juga ingin menjadikan olahraga biliar ini populer dan semakin diminati oleh masyarakat. Dengan digelarnya Porprov, para atlet biliar yang ada di Sumbar semakin terasah,” kata Dino.

Untuk venue sendiri, Cabor biliar sengaja dibuat seperti venue yang ada di PON. Dengan begitu, para atlet dibuat terbiasa. “Rencana, Kejurnas Biliar juga akan digelar di Padang tahun 2017 ini karena melihat venue saat Porprov yang sangat elegan serta standar PON,” tambah Ketua Pengcab Cabor Biliar Padang, Zulhendri.

Komentar

Cabor Biliar Porprov 2016 Porprov Sumbar