Kabarpadang.com
Mengabarkan Ranah Minang

Polresta Padang Ungkap Penyelundupan Enam Ton BBM

Ilustrasi.
Ilustrasi.

Kepolisian Resort Kota (Polresta) Padang berhasil mengungkap penyelundupan minyak sebanyak enam ton ke Kepulauan Mentawai dan sejumlah daerah lainnya di Sumatera Barat.

Tetapi, kepolisian sendiri baru berhasil mengamankan satu orang pelaku yang diduga menjadi pemilik minyak tersebut. Polisi juga menyita kapal yang digunakan sebagai alat transportasi untuk transaksi yang mengangkut minyal ke tengah laut.

Kapolresta Padang, Kombes Pol Wisnu Andayana menyebutkan, pihaknya berhasil mengamankan seorang pelaku bernama Yunarlan alias Yun alias Buyut (42) yang diduga sebagai pemilik barang.

“Dia sendiri kami tangkap pada Minggu (27/7) lalu di kawasan Batang Kajai, Kelurahan Teluk Bayur bersama kapal pembawa BBMnya. Kita saat ini tengah melakukan penyelidikan lebih lanjut,” katanya di Padang, Sabtu (16/8).

Menurutnya, saat diamankan oleh petugas dari Polsek KP3 Teluk Bayur, ditemukan sebanyak enam ton BBM jenis solar yang ditempatkan di empat blong (jeriken type besar) dan berada diatas satu kapal kecil yang biasa digunakan nelayan. Rencananya, BBM tersebut akan dibawa ke Kepulauan Mentawai dan luar Sumbar untuk dijual.

“Dia sudah kita amankan, saat ini kita terus melakukan pemeriksaan terhadap saksi-saksi dan pelaku,” terangnya.

Selain itu, pihaknya juga tengah melakukan pemberkasan dan melengkapi semua hasil penyelidikan. Pelaku sendiri saat ini diamankan didalam sel tahanan Polsek KP3 Teluk Bayur. Ditambah lagi dengan meminta keterangan tentang minyak tersebut kepada ahli yang didatangkan dari BPH Migas Jakarta.

“Penyelidikan terus dilakukan guna mengungkap jaringan penjualan BBM ini,” tegasnya.

Sementara itu, pelaku sendiri tidak mau berkomentar banyak mengenai penangkapan terhadap dirinya. Dia menyebut, sudah melakoni bisnis tersebut sejak dua tahun yang lalu dengan cara mengambil minyak dari truk yang kencing. Setelah terkumpul, dia pun mencari pembeli dan menjual BBM tersebut dengan harga yang lumayan.

“Saya tidak mau berkomentar pak, BBM itu saya dapat dari hasil kencingan dan dikumpulkan hingga sebanyak ini pak,” katanya kepada wartawan.

(Cici Gustria)

Editor : Mister

Komentar
Loading...
BERITA TERKAIT