Kabarpadang.com
Mengabarkan Ranah Minang

Polda Sumbar Musnahkan 816 Senpi Rakitan

Kapolda Sumbar Irjen Pol Fakhrizal memimpin langsung pemusnahan 816 senjata api rakitan di Sumatera Barat
Kapolda Sumbar Irjen Pol Fakhrizal memimpin langsung pemusnahan 816 senjata api rakitan di Sumatera Barat. Foto : Istimewa

Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Barat memusnahkan 816 pucuk senjata api rakitan bertempat di pelataran Mapolda Sumbar, Senin (12/2/2018). Ratusan senjata api dimusnahkan setelah dikumpulkan dari tahun 2015 hingga Desember 2017, lalu.

Kapolda Sumbar, Irjen Pol Fakhrizal mengatakan, jika pemusnahan ini dilakukan untuk meminimalisir penyalahgunaan senpi rakitan di Sumatera Barat.

“Senjata api ini dimusnahkan untuk meminalisir penyalahgunaan senpi rakitan maupun tingkat kejahatan. Selain itu, jangan ada lagi kasus serupa seperti yang terjadi di Dharmasraya beberapa waktu lalu,” kata Kapolda usai melakukan pemusnahan.

Kapolda menyebut, untuk mengumpulkan senjata api itu, pihaknya mengimbau seluruh masyarakat agar tidak menyimpan senjata api tanpa izin.

Dikatakan Kapolda, senjata rakitan itu biasanya digunakan oleh masyarakat untuk berburu babi dan menembak binatang di hutan.

“Bagi masyarakat yang menyerahkan secara langsung, tidak akan diproses hukum,” jelas Kapolda.

Selain itu, Kapolda menegaskan, jika masyarakat yang tertangkap menggunakan senjata rakitan tanpa ada izin dari Perbakin bisa diancam dengan Undang-Undang Darurat dengan ancaman hukuman penjara maksimal 10 tahun.

Komentar
Loading...
BERITA TERKAIT