PLN Bakal Ambil Alih Ladang Panas Bumi

Lintas Khalustiwa Bonjol Sumatera Barat
Lintas Khalustiwa Bonjol Sumatera Baratˆ

PLN meminta konsesi 14 Wilayah Kerja Panas Bumi (WKP) ke pemerintah. Salah satunya WKP Bonjol di Sumatera Barat. Pasalnya, total potensi listrik yang dihasilkan WKP mencapai 1.000 MW. Agar hal itu tidak terbengkalai makanya PLN memintakan ke pemerintah.

Direktur Perencanaan Korporat PLN, Nicke Widyawati mengatakan, pihaknya hanya meminta 14 WKP, dan itu telah ada PPA-nya. Hanya saja tidak ada perkembangan, Rabu (21/6/2017).

Soal izin usaha, Nicke mengakui telah ada izin usahanya. Bahkan, pemegang konsesi telah meneken perjanjian jual beli listrik (Power Purchase Agreement/PPA) dengan PLN. Hasilnya tak bergerak maksimal.

Kuatnya permintaan agar dikelola oleh PLN. Karena adanya efesiensi untuk memproduksi sendiri uap panas bumi untuk dijadikan listrik. Tak hanya itu akan dijadikan sebagai listrik ramah lingkungan dan terjangkau.

Pemerintah sendiri menargetkan listrik sebesar 7.000 MW dari panas bumi di tahun 2025. Tapi, baru 1.5000 MW, jika dimaksimalkan secara maksimal dapat dipastikan hingga saat ini bisa mencapai 5.000 MW.

Selain WKP Bonjol di Sumbar, ternyata ada 13 WKP lainnya, seperti WKP Cisolok Sukarame di Jawa Barat, WKP Gunung Endut di Banten, WKP Ciater di Jawa Barat, WKP Atadei di NTT, WKP Sipoholon Ria Ria di Sumatera Utara, WKP Ciremai di Jawa Barat, WKP Ulumbu di Nusa Tenggara Timur, WKP Songa Wayaua di Maluku Utara dan WKP Mataloko di Nusa Tenggara Barat.(*)

Komentar
Loading...
BERITA TERKAIT