Kabarpadang.com
Mengabarkan Ranah Minang

Pilwako Padang Terancam Diundur Kembali ?

Ilustrasi 2Pemihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) Kota Padang putaran kedua yang dijadwalkan akan dilaksanakan pada tanggal 18 Desember 2013 mendatang terancam terundur.

Pasalnya gugatan yang dilayangkan oleh pasangan calon Michel-Jadi kepada Mahkamah Konstitusi (MK) baru disidangkan hari Kamis (5/12) kemarin, akan diputuskan paling lambat pada akhir tahun ini.

M. Sjahbana Sjam, Divisi Teknis Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Padang menyebutkan, apabila keputusan MK tersebut dapat diputuskan secepatnya pada tanggal 11 Desember 2013 dan dana yang dianggarkan sebesar 8,5 Milyar dicairkan oleh Pemerintah Kota (Pemko) Padang maka otomatis Pemilukada putaran kedua dapat dilaksanakan pada akhir tahun 2013.

“Jika MK memutuskan paling cepat 11 Desember 2013 mendatang dan pemerintah dapat mencairkan dana putaran kedua secepatnya, maka kemungkinan besar Pemilukada putaran kedua dapat kita lakukan pada akhir tahun ini” ujarnya di KPUD Kota Padang, Jumat (6/12) sore.

Dirinya juga menambahkan, bahwa apabila keputusan tersebut dikeluarkan lewat dari tanggal 11 Desember 2013, maka putaran kedua yang telah ditetapkan tidak akan terlaksana, pasalnya persiapan Pemilukada membutuhkan waktu terutama pada bagian logistik.

“Jika lewat pada tanggal tersebut, maka kemungkinan besar Pemilukada putaran kedua yang telah ditetapkan sebelumnya tidak terlaksana, hal ini disebabkan karena persiapannya juga membutuhkan waktu yang banyak terutama dalam faktor logistik” tuturnya.

Bahkan apabila penyelenggaran Pemilukada putaran kedua tak terlaksana paling lambat Januari 2014, maka akan berakibat Pemilukada Padang akan tertunda hingga usai Pemilihan Presiden (Pilpres) 2015 mendatang. Hal ini akan berkemungkinan besar Kota Padang akan dipimpin oleh Pelaksana Tugas (PLT) Walikota sampai tahun 2015, karena masa jabatan Walikota Padang saat ini akan berakhir pada Februari 2014 nanti.

 

Komentar
Loading...
BERITA TERKAIT