Pilkada Serentak, KPU Sumbar Intensfikan Verifikasi Berkas Paslon

Gedung KPU RI. Foto : KlikNews.co

Gedung KPU RI. Foto : KlikNews.co

Memasuki persiapan Pilkada Serentak, KPU Sumatera Barat (Sumbar) mengaku saat ini tengah melakukan verifikasi data terhadap para Pasangan Calon (Paslon) Kepala Daerah pada 13 Kabupaten/Kota dan Pemilihan Gubernur (Pilgub).

Ketua KPU Sumbar, Amnasmen mengatakan, sesuai ketentuannya, saat ini pihaknya memfokuskan untuk melakukan verifikasi data terhadap berkas-berkas persyaratan dari masing-masing Paslon.

“Semuanya sudah jalan, baik itu persyaratan, adminstrasi maupun yang terkait tengah kita lakukan verifikasi. Sejauh ini, kita belum menemui hambatan,” katanya di Gubernuran Sumbar, Kota Padang, Rabu (12/8).

Namun, disebut Amnasmen, persoalan yang banyak diragukan masing-masing daerah terkait ijazah pendidikan. “Masih ada yang belum menyerahkan, termasuk ada terdapat keraguan terhadap ijazah bersangkutan. Itu laporan yang baru masuk, tapi tetap kita lakukan verifikasi terkait keabsahannya,” terangnya.

KPU Sumbar sendiri menargetkan penetapan masing-masing Paslon dapat terlaksana tepat waktu, dimana sesuai jadwalnya 24 Agustus mendatang. “Kemudian, tanggal 25 dan 26 Agustus serentak untuk penetapan nomor urut Paslon. Lalu, 27 Agustus hingga 5 Desember masa kampanye,” tuturnya.

Terkait kampanye tersebut, pihaknya sendiri mengaku sudah melakukan komunikasi dengan Bawaslu Sumbar. “Untuk kampanye, kita sudah koordinasikan dengan Bawaslu agar sesuai dengan ketentuan dan tidak melanggara PKPU maupun aturan hukumnya,” tuturnya.

Komentar