Pilkada Padang, Wakapolresta Ingatkan Paslon Jalankan Kampanye Damai

Deklarasi kampanye damai Pilkada Kota Padang 2018 di Pantai Danau Cimpago, Puruih, Minggu (18/2/2018). Foto : Istimewa
Deklarasi kampanye damai Pilkada Kota Padang 2018 di Pantai Danau Cimpago, Puruih, Minggu (18/2/2018). Foto : Istimewa

Kepolisian Resort Kota (Polresta) Padang mengimbau agar masing-masing pasangan calon pada Pilkada Kota Padang tahun 2018 menjalankan komitmen kampanye damai yang telah disepakati.

“Kedua tim kampanye agar mentaati apa yang telah dideklarasikan, dan mari komitmen bersama,” kata Wakapolresta Padang AKBP Tommy Bambang Irawan di Pantai Danau Cimpago, Puruih, usai deklarasi kampanye damai Pilkada Kota Padang 2018, Minggu (18/2/2018)

Ia menegaskan, jika pihaknya sendiri juga telah menyiapkan langkah-langkah terbaik untuk mengantisipasi adanya potensi pelanggaran.

“Bentuk laporan akan diterima, di Gakkumdu nantinya ditelaah. Dilihat seperti apa kasusnya, dievaluasi, jika memang masuk pidana pemilu atau pelanggaran pemilu nantinya akan kita proses,” tegas Tommy.

Sementara itu, Ketua KPU Kota Padang, M Sawati mengimbau agar masing-masing calon dapat melakukan kampanye yang bermutu.

Menurut Sawati, dengan adanya kualitas kampanye dari calon, otomatis masyarakat pun dapat menilai dengan baik mana pilihannya.

“Kedua tim kampanye harus mengutamakan asas kekeluargaan dalam berkampanye. Jangan ada yang saling menjelekkan, jangan ada yang saling menjatuhkan,” imbau Sawati.

Tak hanya itu, Sawati juga mengimbau agar masyarakat waspada terhadap penyimpangan kampanye, seperti ‘Money Politic’ atau politik uang.

“Politik uang betul-betul sudah menggurita. Berikan laporan pada panwaslu. Politik uang tidak sesuai dengan aturan, dan ajaran agama. Itu haram,” katanya.

Komentar
Loading...
BERITA TERKAIT