Kabarpadang.com
Mengabarkan Ranah Minang

Pesona Kilik Kuyuk di Dusun Balai Maliringan

Pesona Kilik Kuyuk (berlari menggendong anjing) saat memperingati hari kemerdekaan 17 Agustu 2017. Photo: Sinarlis (Muhammad M.A Yannoor)
Pesona Kilik Kuyuk (berlari menggendong anjing) saat memperingati hari kemerdekaan 17 Agustu 2017. Photo: Sinarlis (Muhammad M.A Yannoor)

Ketika di Padang, Sumatera Barat ada iven lomba KulinerRUN. Di Dusun Balai Maliringan ada lomba lari sembari mengendong anjing atau kilik kuyuk, sebutan daerah setempat.

Walau iven dan lomba itu digelar di desa Muarahungi, Kecamatan Batangalai Timur, Hulu Sungau Tengah, Kalimantan Selatan dan telah usai saat memperingati hari kemerdekaan ke 72 di 2017, Kamis lalu (17/8/2017). Lomba tersebut unik dan menarik.

Keunikan tidak hanya berlari sembari mengendong anjing. Tapi, ada juga lomba seperti pacu balap karung, engrang dan bawa kelereng pakai sendok.

Pada daerah sana, anak-anak sangat antusias mengikuti lombanya. Apalagi dengan membawa anjing peliharaan untuk berkompetisi. Sisi lain, lomba itu tidak lah begitu sulit, sebab rata-rata di daerah permukiman masyarakat setempat memiliki anjing piaraan.

Pada saat perhelatan lomba dalam memperinganti hari nan bersejarah itu, masyarakat sangat bahagia. Bahkan berharap jika tahun depan diadakan lomba serupa dan atau dijadikan sebagai iven kalender pariwisata daerah.

“Ya, kalau bisa sih ada terus lomba atau ivennya, sehingga bisa menggaet wisatawan di daerah kami,” kata Yusuf Roni.

Komentar
BERITA TERKAIT