Kabarpadang.com
Mengabarkan Ranah Minang

Pertegas Fungsi Guru, Gubernur Sumbar Bakal Terbitkan Pergub

Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno. Foto : Elshinta
Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno. Foto : Elshinta

Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Irwan Prayitno mengaku akan mengeluarkan Peraturan Gubernur (Pergub) untuk menekankan tugas dan fungsi guru. Hal ini beriringan dengan tercorengnya dunia pendidikan karena beredarnya video pemukulan siswi SD di Kota Bukittinggi yang membuat heboh masyarakat.

“Ini merupakan tragedy yang memprihatinkan, ini harus menjadi perhatian kita semua. Tidak hanya pemerintah, termasuk orang tua dan sekolah. Saya juga bersama Dinas Pendidikan akan mengeluarkan Pergub untuk mempertegas kembali tugas dan fungsi guru di sekolah,” katanya usai menghadiri pelantikan pimpinan DPRD Sumbar di Gedung DPRD Sumbar, Kota Padang, Senin (13/10).

Nantinya, Pergub ini diharapkan dapat memberikan penjelasan dan mempertegas kepada seluruh perangkat sekolah, terutama guru agar lebih bisa mengontrol muridnya.

“Pergub ini supaya guru dapat dipertegas fungsi dan tugasnya seperti tidak meninggalkan ruangan kelas saat waktu yang tidak tepat,” tuturnya.

Gubernur mengimbau agar peran orang tua dan guru dapat terus ditingkatkan agar kejadian serupa tidak lagi terulang.

“Langkah berikut itu, orang tua harus mengawasi anaknya, ini terjadi karena anak itu suka meniru, misalkan pada tayangan televisi yang mengandung kekerasan. Saya himbau agar orang tua dapat memberikan kontrol kepada anaknya,” tegasnya.

Ia menjelaskan, kasus ini merupakan kelalaian dari tenaga pendidik karena kurang mengawasi muridnya. “Ini kelalaian guru yang kurang kontrol dengan muridnya,” ujarnya.

Selain itu, terkait hukuman untuk murid, disebut Gubernur kemungkinan hanya pembinaan. “Kalau untuk anak-anak mungkin hanya diberikan pembinaan, sedangkaan guru dan orang tua lebih dipertegas,” jelasnya.

Sementara itu, pihaknya sendiri mengaku juga sudah berkoordinasi dengan Pemerintah Kota Bukittinggi untuk langkah lanjutnya. “Oh, saya sudah hubungi Walikota Bukittinggi, dan pak Wali juga sudah berkoordinasi dengan pihak terkait, termasuk sanksi kepada guru yang bersangkutan,” pungkasnya.

 

IKHWAN / KOTA PADANG

Komentar
Loading...
BERITA TERKAIT