Perppu Belum Disahkan, Tahapan Pilkada Serentak Tetap Berjalan

Sekretaris KPU Sumatera Barat, Hendrinal. Foto : Istimewa

Sekretaris KPU Sumatera Barat, Hendrinal. Foto : Istimewa

Walaupun Peraturan Pengganti Undang-undang (Perppu) masih belum disahkan, tahapan Pilkada serentak di Sumatera Barat (Sumbar) masih dijalankan hingga saat ini.

Sekretaris KPU Sumbar, Hendrinal mengatakan, pihaknya tidak mengacu terhadap polemik yang terjadi saat ini, terpenting saat ini tahapan Pilkada serentak tetap dijalankan.

“Hal ini dilakukan setelah adanya instruksi dari KPU Pusat terhadap tahapan Pilkada serentak,” katanya di KPU Sumbar, Kota Padang, Kamis (15/1).

Ia menjelaskan, tahapan tetap dilaksanakan juga untuk berjaga-jaga apabila Perrpu disahkan oleh DPR RI. “Kalau tidak kita laksanakan dari sekarang, kalau Perrpu disahkan, kita pastinya keteteran. Soalnya, waktu Pilkada serentak itu kan sudah menghitung bulan,” jelasnya.

Selain itu, apabila Perppu ditolak, KPU Sumbar mengaku pasrah. “Itu kan wewenang pemerintah dan legislatif, ya, kita jalankan saja tugas kita sebagai penyelenggara,” terangnya.

Disebut Hendrinal, tahapan awal yang sudah dilakukan KPU adalah koordinasi dengan KPU masing-masing Kabupaten/Kota. “Nantinya pada bulan Februari akan ada penjaringan Bakal Calon untuk masing-masing Pilkada,” tuturnya.

Untuk di Sumatera Barat sendiri Pilkada serentak direncanakan akan digelar pada 13 Kabupaten/Kota, ditambah satu Pilkada Gubernur Sumbar. “Ada 14 Pilkada serentak yang akan kita gelar pada tahun 2015 ini,” katanya.

Komentar

KPU Sumbar Pilkada Serentak Politik