Permen Karet Penghilang Bakteri Mulut

Ilustrasi Gelembung Permen Karet Foto: iStock

Ilustrasi Gelembung Permen Karet Foto: iStock

Menurut satu penelitian disebutkan bahwa mengunyah permen karet ampuh menghilangkan bakteri berbahaya yang ada di mulut, daripada harus menggunakan obat kumur setelah menggosok gigi.

Para peneliti menemukan satu bagian dari permen karet dapat menghapus 100 juta bakteri yang ada di mulut (10 persen dari beban mikroba di dalam air liur) hanya dalam sepuluh menit.

Untuk itu mereka mengatakan kalau permen karet sama efektifnya dengan menggunakan obat kumur, meski keduanya memiliki target yang berbeda di dalam mulut.

Penelitian yang dipimpin seorang peneliti berasal dari University of Groningen, Belanda ini telah diterbitkan ke dalam jurnal Plos One.

Melansir Daily Mail, Sabtu (24/1/2015) dijelaskan bahwa permen karet begitu efektif untuk menghilangkan bakteri di dalam mulut ketika kunyahan yang dilakukan 30 detik pertama. Setelah itu, masih bisa menghilangkan bakterinya, hanya saja tidak seefektif sebelumnya.

Namun perlu dicatat, permen karet yang ampuh menghilangkan bakteri itu adalah permen karet yang tidak mengandung gula. Jika permen karet yang dikunyah mengandung gula, akan menambah bakteri di dalam mulut. (Liputan6.com)

Komentar

Bakteri Mulut Permen Karet