Kabarpadang.com
Mengabarkan Ranah Minang

Peringati Sumpah Pemuda, Ratusan Mahasiswa Gelar Aksi Damai

Mahasiswa gelar aksi damai peringati Hari Sumpah Pemuda di Bundaran Tugu Adipura. Foto : Istimewa
Mahasiswa gelar aksi damai peringati Hari Sumpah Pemuda di Bundaran Tugu Adipura. Foto : Istimewa

Ratusan mahasiswa yang tergabung dalam LIMAMIRA (Lingkar Mahasiswa Minangkabau Raya) menggelar aksi damai di Bundarang Tugu Adipura, Simpang Presiden, Khatib Sulaiman, Kota Padang, Selasa (28/10). Aksi ini digelar dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda yang ke-86.

Ratusan mahasiswa tersebut mengawali aksi damainya dengan menggelar longmarch dari Kampus Institut Teknologi Padang (ITP) menuju Bundaran Tugu Adipura. Peringatan Sumpah Pemuda juga diiringi dengan aksi teatrikal dengan tema ‘Sumpah Yang Terlupakan’, ditambah pembacaan nashkah Sumpah Pemuda.

Koordinator Aksi, Muhammad Yusran menyampaikan, aksi ini digelar untuk mengingatkan betapa pentingnya Sumpah Pemuda bagi para muda-mudi di Kota Padang.

“Kami dari Aliansi LIMAMIRA, turun kejalan dan melakukan aksi damai, untuk sekedar mengingatkan kalau disini masih ada anak muda yang mengingat Sumpah Pemuda. Karena saat ini banyak generasi muda Indonesia yang tidak mengerti poin-poin sumpah pemuda,” katanya.

Menurutnya, momentum Sumpah Pemuda saat ini cenderung terlewatkan begitu saja, hanya sebagai hafalan pelajaran saat duduk pada bangku sekolah.

“Padahal 86 tahun yang lalu, para pemuda se-Indonesia mengikrarkan tiga inti gagasan perekat bangsa. Yakni, stu nusa, satu bangsa dan satu bahasa, Indonesia,” jelasnya.

Untuk itu, mereka mengimbau agar para muda-mudi di Kota Padang dapat kembali menjadi Sumpah Pemuda sebagai momentum perbaikan diri individu.

“Kita bersama-sama merefleksikan diri dan mengenang hakikat Sumpah Pemuda, sebagai keutuhan Bhioneka Tunggal Ika, tanpa suku, ras, golongan agama. Kami dari LIMAMIRA menghimbau kepada pemuda pemudi Indonesia kembali sejenak merenung, tafakur dan bangkit menyatukan semangat muda yang tidak pernah musnah,” tutupnya.

Untuk diketahui, aksi sendiri diikuti oleh empat Perguruan Tinggi diantaranya STMIK Jaya Nusa, ATIP, ITP, dan Universitas Bung Hatta.

Komentar
Loading...
BERITA TERKAIT