Peringati Hari Nelayan, TNI Gelar Aksi Bersih Pantai Padang

Aksi bersih Pantai Purus Padang, Jumat (5/4) dalam rangka memperingati Hari Nelayan Nasional. Foto : Istimewa

Aksi bersih Pantai Purus Padang, Jumat (5/4) dalam rangka memperingati Hari Nelayan Nasional. Foto : Istimewa

Memperingati Hari Nelayan Nasional, Minggu (6/4), Kodim 0312 Padang bersama Satkamla Lantamal II Padang menggelar aksi bersih pantai di Pantai Purus, Padang. Kegiatan ini sendiri juga diikuti oleh Pemko Padang, RaDi Enterprise, Team Frog Hungry Enterprise, termasuk Komunitas Earth Hour Padang, Padang American Jeep dan masyarakat lainnya.

Kegiatan bersih-bersih sendiri dibagi menjadi lima sektor sepanjang Pantai Purus. Aksi bersih pantai dilakukan untuk memberikan kenyamanan bagi para pengunjung, mengingat suasana pantai yang semakin kumuh.

Acara yang dihadiri oleh Walikota Padang, Mahyeldi Ansyarullah, Dandim 0312 Padang, Letkol Arm Wahyu Dwi Santoso dan Dansatkamla Lantamal II Padang ini digelar guna memperingati Hari Nelayan Nasional dengan tema ‘Membumi di Hari Nelayan’. Para peserta melakukan pembersihan pinggiran pantai dari semua sampah yang menganggu pandangan mata dan membuat suasana pantai semakin kumuh.

Ketua Pelaksana, Raihana Heuer mengatakan, kegiatan ini memang sengaja digelar karena bertepatan dengan momen Hari Nelayan Nasional. Selama ini, tidak pernah terlihat kemeriahan dari Hari Nelayan Nasional yang dicanangkan pemerintah beberapa waktu lalu. Makanya, dengan cara seperti ini, para nelayan merasa dihargai dan ikut memelihara tempat mereka menampungkan hidup.

“Kita memberikan apresiasi kepada para nelayan dengan acara ini. Setidaknya, cara seperti ini termasuk menghargai para nelayan yang membuat kita tidak lagi mengimpor ikan dari luar negeri, karena hasil tangkapan mereka bisa langsung kita beli dan konsumsi,” jelasnya.

Sementara itu, Walikota Padang, Mahyeldi Ansyarullah dalam sambutannya mengatakan, aksi pembersihan pantai yang dilakukan kali ini sangat mulia karena tidak semua orang mau melakukannya. Seperti yang terlihat, kondisi sampah di kawasan Muaro Lasak ini bertumpuk dan membutuhkan waktu lama untuk dibersihkan.

“Namun, jika ada yang seperti ini terus, mudah-mudahan perlahan sampah yang menumpuk ini bisa teratasi dengan cepat,” katanya.

Selain itu, Walikota juga menyebut akan terus mengerahkan personel untuk melakukan pembersihan di kawasan pinggir pantai, karena pantai adalah salah satu tempat wisata yang paling favorit bagi masyarakat di kota Padang. “Saya juga berharap, kondisi pantai ini bisa bersih dan orang semangat untuk berwisata ke pantai,” paparnya.

Di sela-sela acara pembersihan tersebut, para peserta yang mencapai hingga 200 orang itu juga disuguhkan dengan aneka makanan tradisional seperti, ubi rebus, jagung rebus dan kacang rebus. Para peserta juga menyaksikan penanaman 30 batang Andalas yang diberikan oleh Mapala Proklamator UBH Padang untuk ditanam di sepanjang pantai.

Komentar

Edukasi Sosial TNI