Kabarpadang.com
Mengabarkan Ranah Minang

Perajin Tenun Lintau Buo Dapat Bantuan Kemenperin

Salah satu selendang tenun yang telah diproduksi sejak 1920 di Lintau Buo, Tanah Datar. (Dok.Dhani Rosa)
Salah satu selendang tenun yang telah diproduksi sejak 1920 di Lintau Buo, Tanah Datar. (Dok.Dhani Rosa)

Selain menjaga produk kerajinan tenun khas Minangkabau dalam segi budaya, pemerintah pusat melalui Menperin Airlangga Hartarto menyerahkan bantuan alat mesin dan peralatan tenun kepada perajin di Lintau Buo, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, saat kunjungan kerja.

Peralatan tersebut diserahkan ke sentra industri kecil dan menengah perajin tenun, sehingga produk khas daerah di Sumatera Barat dapat merambah pasar Internasional. Salah satu daerah fokus terhadap produksi kerajinan itu ialah Kabupaten Sijunjung.

Pemkab setempat telah mempersiapkan sarana tempat bagi perajin Tenun Unggan dan tekstil tradisional. Sarana berupa gedung tersebut berada Nagari Unggan, Kecamatan Sumpur Kudus dan sudah bisa dimanfaatkan di 2017 ini.

“Pertumbuhan industri ditentukan oleh tiga faktor yaitu Sumber Daya Alam, investasi, dan teknologi,” kata Menperin Airlangga, Sabtu (26/8/2017).

SDM katanya, sangat penting sehingga dapat memiliki keterampilan khusus dengan kebutuhan bidang industri. Menperin Airlangga berharap Pemda terus mendorong kependidikan terutama vokasi, yang merupakan salah satu program Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam penguatan SDM.

“Kami ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo agar leading pengembangan pendidikan vokasi industri agar ada kecocokan antara industri daerah dan nasional,” pungkasnya, usai menghadiri wisuda SMK, SMAK dan SMTI di bawah naungan Kemenperin, Padang, Sumatera Barat.

Komentar
BERITA TERKAIT