Kabarpadang.com
Mengabarkan Ranah Minang

Peragakan Jurus di Pentjak Silat Festival di Malioboro

Perguruan Silat Karang Indah
Perguruan Silat Karang Indah

Enam ribu pesilat dari 70 perguruan yang tersebar dari masing-masing daerah di Indonesia ramaikan agenda Pentjak Malioboro Festival (PMF) ke V di 2017. Minggu (20/8/2017).

Para pandeka mengikuti Pawai Pencak Silat mulai dari nol kilometer di sepanjang Jalan Malioboro, Yogyakarta. Sumatera Barat juga mengirimkan delegasinya pada festival tersebut. Salah satunya perguruan silat Karang Indah, Nagari Sungai Buluah Selatan, Kecamatan Batang Anai, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat.

Gelaran tersebut telah awal dimulai pada 18 Agustus lalu, dan berakhir hari ini. Para pesilat memperlihatkan seni bela diri dari masing-masing daerah, mulai dari memainkan senjata tajam, trisula, kerambit, dan tongkat serta belati dan golok. Pada panggung kehormatan para delegasi memperagakan jurus-jurus dalam waktu delapan menit.

Festival ini mampu menghipnotis para wisatawan lokal dan mancanegara, sehingga memadati jalur jalan di sepanjang Malioboro. Keunikan pada festival itu, turunnya tiga pesilat dari Amerika Serikat, yang tergabung dalam sasaran Paguron Pencak Silat Mande Muda Indonesia, Bandung, Jawa Barat.

Ketiganya memperagakan jurus dengan menggunakan senjata golok dan tongkat. Selain dari Sumatera Barat, beberapa provinsi seperti Jawa Tengah, Jawa Timur, Yogyakarta, Jakarta, Bogor, Tangerang, Bandung, Kalimatan Selatan dan Bekasi.

Komentar
Loading...
BERITA TERKAIT