Penggunggah Foto Dapat Dilacak ?

Ilustrasi Internet

Ilustrasi Internet

Sosial Media menjadi wadah yang amat menyenangkan untuk mengekspresikan perasaan dan pikiran. Perlu kewaspadaan bagi siapa saja yang menggunakannya. Mengapa demikian? Pasalnya, itu karena setiap unggahan yang dibagikan ke dunia maya akan dengan mudah dilacak menggunakan sistem register pada jaringan internet.

Register merupakan sistem pencatatan yang dilakukan pada jaringan tertutup maupun terbuka. Dalam kasus pelacakan ini, biasa digunakan internet protokol (IP). Dengan IP address seseorang bisa dilacak keberadaannya pada saat mengunggah file di internet.

“Dalam jaringan, ada yang namanya Register sebagai sistem pencatatan. Dari situ bisa diketahui titik-titik kode yang disebut sebagai IP atau internet protokol. Itu (IP) yang bisa dilacak,” kata Pakar Telematika, Roy Suryo dilansir Okezone, Kamis (6/10/2016).

Untuk mengetahui keberadaan pengunggah, menurut Roy, ada aplikasi khusus yang bisa digunakan untuk melacak IP dan lokasi. Hanya saja aplikasi yang dimaksud tidak bisa diakses secara umum dan hanya diakses oleh pihak berwenang di bidang IT.

[okezone]

Komentar

Cyber Crime Sosial Media