Kabarpadang.com
Mengabarkan Ranah Minang

Pencuri Spesialias Minimarket Diciduk Warga

Pelaku (tengah) saat diamankan di Polsek Padang Timur, Kota Padang. Foto : Cicigustria
Pelaku (tengah) saat diamankan di Polsek Padang Timur, Kota Padang. Foto : Cicigustria

Seorang pelaku spesialis pencurian Minimarket ditangkap jajaran Polsek Padang Timur, Kota Padang. Pelaku yang diketahui bernama Zulkarnain (41) ini ditangkap saat tengah beraksi pada Rili Swalayan di kawasan Jati, Padang Timur, Kota Padang, Senin (30/6) malam.

Kapolsek Padang Timur, Kompol Jon Hendri mengatakan, kepolisian berhasil mengamankan seorang pelaku, tetapi saat tertangkap basah Zulkarnain dibantu rekannya. Namun, rekannya tersebut berhasil melarikan diri sewaktu akan ditangkap.

Dalam beraksi, keduanya berpura-pura menjadi pembeli dan menyikat semua barang yang mudah dibawa serta dimasukkan kedalam tas mereka. “Seorang pelaku berpura-pura menjadi pembeli kemudian rekannya yang lain mengajak kasis berbicara,” katanya di Polsek Padang Timur, Kota Padang, Rabu (2/7).

Menurutnya, kejadian itu bermula saat kedua pelaku memasuki Minimarket terlihat mencurigakan. Kemudian, salah seorang pelaku langsung mengambi 25 helai baju dan celana anak-anak dan memasukkanya kedalam tas.

Keduanya keluar dari minimarket dengan santai tanpa membayar kepada kasir. “Salah seorang pelaku mengambil barang dan langsung berusaha kabur keluar dari minimarket, sementara rekannya yang tadi mengajak kasir bicara, sudah duluan keluar dan standby diatas motor,” jelasnya.

Merasa curiga, ditambah aksi kedua pelaku terekam oleh kamera CCTV Minimarket, sang kasir pun langsung berteriak maling. Sontak, pengunjung ditambah pegawai minimarket mencoba langsung menangkapnya.

Rekan pelaku yang tadinya berada diatas motor langsung melarikan diri, sementara Zulkarnain berhasil diamankan warga. “Dia diamankan didalam swalayan menjelang petugas datang,” terangnya.

Pihak kepolisian yang tiba di lokasi kejadian langsung melakukan penggeladahan. Polisi pun berhasil mengamankan barang bukti berupa selusin kopi mix, sampo, puluhan pakaian anak-anak dan berbagai kebutuhan harian lainnya.

“Salah seorang pelaku sudah kita amankan di Polsek, dan saat ini petugas reskrim tengah melakukan perburuan terhadap rekan pelaku,” jelasnya.

Sementara, pelaku sendiri mengaku melakukan perbuatan kriminalnya lantaran desakan kebutuhan ekonomi. Ditambah, semakin dengan dekatnya lebaran sementara pekerjaannya hanya serabutan, kadang dapat uang kadang tidak.

“Saya terpaksa pak karena saat ini saya sudah tidak ada pekerjaan lagi, ditambah lagi sebentar lagi lebaran pak,” ungkap pelaku kepada wartawan.

Saat ini kepolisian masih memburu rekan pelaku yang masih kabur. Akibat perbuatannya tersebut, pelaku bakal dijerat pasal 365 KUHP tentang pencurian dengan ancaman hukuman diatas tujuh tahun penjara.

(Cicigustria)

Komentar
Loading...
BERITA TERKAIT