Kabarpadang.com
Mengabarkan Ranah Minang

Pemprov Sumbar Terapkan Pendidikan Insklusif

Ilustrasi pelajar
Ilustrasi pelajar

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Barat (Sumbar) mulai menerapkan sekolah insklusif. Hal ini ditandai dengan pengesahan penerapan ini di Kediaman Gubernur Sumbar, Kota Padang, Jumat (3/10).

Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno menyebutkan, pendidikan inklusif diterapkan untuk menghilangkan diskriminasi bagi para pelajar yang menyandang disabilitas. “Ini merupakan salah satu bentuk kita untuk menghilangkan diskriminasi terhadap para pelajar yang menyandang disabilitas,” katanya kepada wartawan.

Ia menjelaskan, pendidikan inklusif ini nantinya akan diterapkan pada sekolah umum agar para penyandang disabilitas tidak lagi merasa disisihkan. “Penerapannya ya pada sekolah umum. Misalkan, ada penyandang disabilitas yang mendaftar ke SMA 1 Padang nanti bisa diterima,” jelasnya.

Namun, walaupun demikian, untuk mempermudah penyandang disabilitas belajar, nantinya akan ada tenaga atau guru pendamping. “Kita lihat dulu apa kekurangannya, nanti akan ada tenaga pendamping atau guru yang mendampingi mereka,” tuturnya.

Penerapan sekolah insklusif sendiri dicanangkan pada ruang lingkup Pemprov Sumbar dan sejumlah Kabupaten/Kota di Sumatera Barat. “Kedepan, kita akan terus ajak agar seluruh Kabupaten/Kota di Sumatera Barat turut serta dalam program ini,” pungkasnya.

Komentar
Loading...
BERITA TERKAIT