Pemko Padang Yakin Raih WTN 2016

Wakil Walikota Padang, Emzalmi. Foto : Istimewa

Wakil Walikota Padang, Emzalmi. Foto : Istimewa

Pemerintah Kota (Pemko) Padang pada tahun 2016, optimis bisa meraih penghargaan Wahana Tata Nugraha (WTN) dari Kementerian Perhubungan. Untuk mewujudkannya, berbagai upaya terus dilakukan Pemko melalui melalui Dishubkominfo yang bekerja sama dengan SKPD terkait serta stake holder terkait.

“Hari ini kita kedatangan rombongan dari tim penilai Wahana Tata Nugraha 2016 dari Kementerian Perhubungan RI. Dari hasil yang disampaikan oleh tim penilai cukup banyak hal yang harus dan perlu dilakukan perbaikan-perbaikan. Diantaranya perbaikan prioritas terhadap hak-hak publik yang jika itu masih terabaikan,” kata Wakil Walikota Padang, Emzalmi di Padang, Kamis (28/7).

Emzalmi melanjutkan, prioritas terhadap hak-hak publik yang harus diperhatikan contohnya masalah trotoar, jangan sampai berubah fungsi. Seperti contoh ada yang mengubah fungsi menjadi lokasi letak pot bunga, PKL dan bahkan tempat-tempat Pos Keamanan.

“Jadi jika ini ada, maka perlu kita evaluasi dan perlu dilakukan pendataan guna mencarikan solusinya,” ujarnya.

Kemudian orang kedua di Padang ini menambahkan, Padang tidak saja optimis meraih WTN dari segala aspek penilaiannya, namun menjadi evaluasi untuk terus melakukan peningkatan pada sarana dan prasarana lalu lintas termasuk juga sistem pengelolaannya ke depan.

“Terima kasih kita sampaikan kepada tim penilai yang cukup banyak memberikan masukan pada kesempatan ini. Alhamdulillah dari presentasi yang disampaikan, mereka terkesan dan menyebut Padang sudah banyak melakukan perbaikan dalam hal ini. Semoga kita meraih lagi piala WTN di 2016 ini,” tukas Emzalmi didampingi Kepala Dishubkominfo, Deni Henidal beserta jajarannya pada kesempatan itu

Sementara itu Ketua Tim Penilai dari Kementerian Perhubungan Eriyandi mengatakan, ada 7 aspek yang dinilai dalam mencapai piala Wahana Tata Nugraha (WTN) tersebut. Antara lain aspek fasilitas umum, sarana, prasarana, sumber daya manusia, lalu lintas, pelayanan pada masyarakat dan komitmen daerah.

“Dari 7 aspek yang dinilai tersebut yang paling penting dilakukan Pemko adalah aspek fasilitas umum seperti, area perpakiran dan trotoar,” ujar Eriyandi.
Dia juga memuji, dari 7 aspek yang dinilai Pemko telah melakukan peningkatan serta serius terhadap masalah transportasi, bahkan juga menyediakan fasilitas bagi penyandang disabilitas.

“Untuk itu diharapkan, dari 7 aspek tersebut merupakan embrio yang dapat dikembangkan oleh Pemko pada ruas-ruas jalan lainnya. Sehingga seluruh ruas jalan yang ada di Kota Padang sesuai dengan 7 aspek yang dinilai tesebut,” jelasnya.

Komentar

Pemko Padang WTN 2016