Kabarpadang.com
Mengabarkan Ranah Minang

Pemko Padang Gelar Job Fair

aa
Walikota Padang, Mahyeldi Ansarullah membuka Job Fair 2014. Foto : Istimewa

Untuk memfasilitasi pencari kerja (pencaker) mendapatkan pekerjaan sesuai bakat, minat dan kemampuannya, Pemerintah Kota Padang melalui Dinas Sosial Tenaga Kerja (Dinsosnaker) menggelar pameran kesempatan kerja. Pameran yang disebut Job Fair Kota Padang 2014 ini dibuka oleh Walikota Mahyeldi Ansharullah di Hotel Axana, Selasa (14/10).

Menurut Mahyeldi, pameran kesempatan kerja ini bukan saja membantu pencaker mendapatkan pekerjaan, namun perusahaan selaku pengguna jasa tenaga kerja juga terbantu untuk mendapatkan tenaga kerja yang berkulaitas sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Dikatakan, tujuan digelarnya Job Fair ini, yaitu memberikan informasi kerja, mengurangi tingkat pengangguran, membatasi gerak calo tenaga kerja, meminimalisir biaya mencari kerja serta menghindari birokrasi yang berbelit – belit.

Walikota juga menghimbau pihak pemberi kerja untuk dapat mendaftarkan lowongan yang ada di perusahaan bersangkutan kepada Dinsosnaker atau setidaknya menginformasikan melalui telpon, email, atau pesan singkat.

“Kami himbau perusahaan yang membuka lowongan untuk mendaftarkan ke Dinsosnaker, atau memberi tahu melalui email, telpon atau pesan singkat. Nantinya petugas dari Dinsosnaker akan datang menjemput informasi tersebut,” kata Mahyeldi.

Seterusnya kepada pencaker, Mahyeldi menekankan, jika membutuhkan informasi lowongan kerja atau membutuhkan bimbingan jabatan, konseling dan sebagainya terkait dunia kerja juga diminta untuk datang ke kantor Dinsosnaker. “Petugas akan melayani semua kebutuhan pemberi kerja dan pencari kerja dengan profesional,” ujarnya.

Dalam Job Fair 2014 yang digelar dua hari (14-15 Oktober) ini, sebanyak 48 perusahaan yang ada di Kota Padang turut berpartisipasi. Diharapkan dapat menyerap 8 persen dari 20.222 orang angkatan kerja yang terdaftar di Dinsosnaker.

Pada acara pembukaan Job Fai ini, turut hadir Direktur Pengembangan Pasar Kerja Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi RI, Tri Retno Isnaningsih. Ia mengatakan, pameran kesempatan kerja merupakan program Kemenakertrans yang digulirkan melalui Dinas atau SKPD terkait di tingkat Pemda guna mengoptimalkan penyerapan tenaga kerja.

“Selain Job Fair, Kemenakertrans juga memiliki bursa kerja online yang memudahkan akses bagi pencari kerja dan pemberi kerja. Dimana pelayanan yang diberikan tepat waktu, tepat sasaran dan gratis,” sebutnya.

Kepala Dinsosnaker Kota Padang Frisdawati A.Boer menambahkan, Bursa Kerja Online yang ada di Dinsosnaker Kota Padang telah memiliki pelayanan bersertifikasi ISO 9001:2008.

“Ini artinya memberi jaminan pelayanan yang efisien dan mudah serta tepat waktu tanpa melalui birokrasi yang berbelit – belit,” sebutnya.

(Humas dan Protokol Pemko Padang)

Komentar
Loading...
BERITA TERKAIT